Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Mutiara Air Laut Lebih Mahal dari Air Tawar

Kompas.com - 17/03/2017, 16:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

 

KOMPAS.com ­-- Ada dua jenis mutiara, mutiara air laut dan mutiara air tawar. Sebelumnya, Kompas.com sudah membahas mengenai cara membedakan kedua jenis mutiara ini menurut Nuniek Anurningsih, Pengawas Yayasan Mutiara Laut Indonesia.

“Yang utama adalah (mutiara) air tawar ini di produksi dengan menggunakan kerang yang hidup di air tawar, yang air laut dihasilkan kerang oleh yang hidup di air laut,” ujar Nuniek dalam acara Kilau Mutiara dan Pesona Biota Laut Indonesia di Jakarta, Rabu (15/3/2017).

Ternyata, tempat diproduksinya sebuah mutiara dapat mempengaruhi harganya. Sebab, mutiara air laut lebih sulit untuk didapatkan daripada yang air tawar.

“Untuk membuat perhiasan mutiara air laut ini juga memakan waktu. Semakin lama pembuatan, maka harganya pun akan lebih tinggi,” ucap Nuniek.

Dia menekankan, karena mutiara air laut lebih mahal, maka kualitasnya juga dipastikan lebih unggul daripada yang air tawar.

Kualitas ini pun dijaga mulai dari pembudidayaannya hingga perawatannya demi menghasilkan mutiara air laut yang berkualitas dan dapat digunakan sebagai perhiasan oleh wanita Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com