Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2017, 20:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Merayakan Hari Tidur Sedunia ini, pakar tidur Dr Frederique Aussert menjelaskan beberapa cara untuk menciptakan lingkungan tidur yang ideal dan nyaman. Dia pun menyarankan untuk membuang semua anggapan yang telah Anda miliki sebelumnya.

Menurut Dr Aussert, tidak ada gunanya untuk menyuruh orang yang tidak suka membaca untuk membuka buku sebelum tidur. Sebaliknya, bila menonton film seri di ponsel membantu Anda untuk rileks, silahkan lanjutkan.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak menonton terlalu dekat dan kalau bisa, gunakan kacamata yang melindungi Anda dari sinar layar.

“Tujuannya adalah untuk membuat tempat tidur menjadi teman Anda dan membangun kebiasaan yang membuat Anda merasa lebih sehat,” ucapnya.

Carilah rutinitas yang dapat membantu Anda untuk merasa rileks sebelum tidur. Berendam dalam air hangat atau berolahraga misalnya, banyak penelitian yang menyarankan untuk tidak melakukan kedua kegiatan ini dua jam sebelum tidur.

Akan tetapi, bila Anda terlalu sibuk dan kedua hal tersebut membantu untuk rileks, Dr Aussert berkata bahwa Anda tidak perlu berhenti.

Sementara itu, bila Anda baru bisa makan di malam hari, pakar tidur ini menyarankan untuk memilih makanan yang ringan dan mudah dicerna seperti sedikit protein dan produk susu yang merilekskan.

Kemudian, Anda juga bisa mencoba beberapa alternatif untuk mempercepat proses tidur seperti menyemprotkan minyak lavender ke bantal dan meminum teh herbal seperti chamomile.

Namun, ingat untuk membatasi teh diminum sebelum tidur menjadi satu cangkir. Sebab, terlalu banyak dapat membuat Anda sering ke toilet dan menganggu kualitas tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com