Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rina Gunawan: 80 Persen Tamu Pernikahan adalah Undangan Orangtua

Kompas.com - 25/03/2017, 10:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Mempersiapkan sebuah pernikahan seringkali membuat calon pengantin merasa stres, apalagi bila masih harus bertengkar dengan orangtua mengenai daftar tamu undangan.

Rina Gunawan, Owner Rina Gunawan Wedding Organizer, berkata bahwa konflik tersebut sebenarnya cukup umum terjadi di Indonesia dan sering kali, tamu yang diundang kebanyakan berasal dari koneksi orangtua daripada anak.

“Jadi kalau saya lihat pernikahan ini yang menikah adalah orangtua, bukan calon pengantinnya,” ujar Rina dalam konferensi pers Balai Sudirman Wedding Fair (BSWF) 2017 di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Menurut Rina, alasan utamanya adalah karena biasanya, orangtua yang lebih banyak mengeluarkan dana untuk pesta pernikahan anak-anaknya.

Oleh karena itu, kebanyakan tamu undangan di pesta pernikahan pun berasal dari undangan orangtua. Proporsinya bahkan bisa mencapai 80 persen dari orangtua dan sisa 20 persennya dari pengantin.

Nah, agar konflik mengenai undangan ini tidak terjadi, Rina pun menyarankan Anda untuk berbicara dengan orangtua terlebih dahulu. Sebab, komunikasi yang baik adalah hal terpenting kala mempersiapan sebuah pernikahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com