Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sederhana Bebas Lemak dan Kolesterol

Kompas.com - 18/09/2009, 15:22 WIB

KOMPAS.com - Lemak jenuh dan kolesterol terlalu banyak tak akan baik untuk tubuh. Karena itu, upayakan untuk menghindari konsumsi kedua zat ini. Berikut adalah tips dari The Book of 1.001 Home Health Remedies dari para editor di Natural Healing Newsletter untuk memilih makanan yang tak memiliki  terlalu banyak kandungan kedua zat tersebut. Mulailah dari sekarang sebelum menumpuk di lain hari.

* Hindari makanan yang digoreng. Ketimbang menggoreng daging, sebaiknya masak dengan cara memanggang atau merebusnya agar lemak-lemak yang menyelimuti daging tersebut meleleh dan lepas dari daging yang akan dikonsumsi.

* Konsumsi daging ing yang tak terlalu gemuk. Ikan, ayam, dan kalkun adalah jenis daging yang tak memiliki banyak lemak.

* Perbanyak konsumsi ikan dan seafood. Seafood tak menyimpan banyak lemak (tetapi ingat untuk menghindari makanan yang digoreng, coba udang rebus sebagai pengganti udang goreng).

* Makan hanya 6 ons daging (jenis apa pun) per harinya.

* Hanya gunakan produk susu rendah lemak. Rasanya tak terlalu beda.

* Hanya gunakan margarin yang mengandung 1 gram lemak jenuh atau kurang per sendoknya. Pastikan untuk mencek labelnya saat akan membeli.

* Gunakan mayones dan saus salad yang berlabel “lite” atau “ringan”. Umumnya, lemak yang terkandung dari jenis ini hanya setengah dari yang biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com