Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Bareng Anak? Jangan Lupa Barang-barang Ini!

Kompas.com - 08/09/2010, 16:25 WIB

KOMPAS.com - Anak-anak tak begitu suka berdiam diri begitu lama. Mereka butuh sesuatu untuk mengalihkan pikirannya agar ia tak merasa bosan. Apakah Anda sudah membawa barang-barang yang ia perlukan?

Tas Antibosan
Carilah tas kosmetik yang didesain untuk bepergian. Tas kosmetik semacam ini bisa didapatkan di toko-toko serba ada atau toko obat. Isilah masing-masing kantungnya dengan mainan anak sesuai usianya dan gantung di belakang jok penumpang di depannya. Anda bisa isi dengan permainan elektronik, mainan genggam, e-book reader, atau permainan papan untuk travelling. Hati-hati jika ingin membawa buku untuk ia baca selama di mobil. Ada sebagian orang yang tak kuat membaca di atas kendaraan karena bisa menyebabkan rasa mual dan mabuk darat.

Teknologi untuk Anak
DVD player portabel bisa menemani anak di perjalanan. Sebaiknya bawa earphone agar suara yang dihasilkan tidak mengganggu orang lain yang ada di mobil. Ponsel juga biasanya diperlengkapi dengan permainan yang cukup menarik untuk anak-anak dan mengalihkan pikirannya dari kebosanan.

Realistis
Kebanyakan orang berpikir bahwa perjalanan dini hari akan membuat keluarga tiba lebih cepat di tempat tujuan. Alhasil, banyak orangtua memboyong anaknya di tengah malam untuk bepergian, berharap mereka akan tertidur di perjalanan. Padahal, tak selalu begitu jadinya. Kebanyakan anak justru akan terbangun sepanjang perjalanan karena tidak bisa tidur. Akibat tak bisa tidur itu, si anak pun akan menjadi rewel dan manja. Berangkat pagi menggunakan mobil memang ide bagus, namun, cobalah untuk membuatnya jadi hal yang realistis, karena kebanyakan kali kecelakaan terjadi akibat pengemudi merasa kelelahan. Orangtua pun jadi sering beradu argumen karena kelelahan. Gunakan fasilitas dari beberapa operator yang menyediakan layanan petunjuk tempat beristirahat dan tempat makan. Lakukan pemberhentian untuk menyegarkan diri serta mendorong aliran darah pada kaki dan tubuh sambil melakukan gerakan-gerakan peregangan.

Makanan dan Minuman yang Tepat
Anak kecil biasanya suka jus kotakan instan. Namun, makanan instan dan minuman kotakan sangat mungkin tumpah dan meninggalkan noda serta lengket di sana-sini. Supaya tidak terjadi, coba beli dari jauh-jauh hari, masukkan ke dalam botol minuman khusus anak, supaya bisa disimpan setelah beberapa teguk. Permen dan makanan cepat saji juga bukan teman berkelana yang baik, pula. Anda pernah mendapati permen meleleh di mobil? Uh, sebalnya. Carilah camilan yang mudah dikonsumsi di jalan dan tidak meleleh jika terkena panas atau meninggalkan noda saat tak sengaja terjatuh. Misal, biskuit atau kismis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com