Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan di Luar? Biarkan Ibu Tentukan Pilihan

Kompas.com - 09/08/2011, 08:45 WIB

KOMPAS.com - Bila ditanya, siapa yang paling sering mengajak anak-anak makan di luar, mungkin sebagian besar jawabannya adalah ayah. Mungkin Anda akan ikut senang, karena ini menunjukkan keterlibatan pasangan dalam aktivitas keluarga. Namun, ada baiknya Anda sedikit turun tangan dalam memilih restorannya. Sebab, penelitian yang dimuat di The Journal of Nutrition Education and Behavior memaparkan, pilihan restoran dari para ayah kerapkali merupakan pilihan yang kurang sehat.

"Para ayah yang menganggap waktu makan di luar adalah momen khusus untuk keluarga, tidak akan memilih restoran fast food sebagai tempat makan bersama. Sementara, para ayah yang tidak keberatan makan di restoran fast food cenderung memiliki anak dengan pola pikir yang sama," begitu kata Dr. Alex McIntosh, sosiolog dari AgriLife Research, lembaga yang melakukan penelitian ini.

McIntosh juga menerangkan, selama ini para ayah sering dianjurkan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak mereka. Tapi sayangnya, hal ini sering diterjemahkan sebagai pesan, bahwa mereka harus menyenangkan hati mereka, termasuk dengan memberikan makanan yang enak-enak tapi belum tentu sehat. Sementara para ibu terbiasa lebih ketat dalam memilih makanan dan selalu berusaha mencari pilihan yang sehat. Mereka juga cenderung lebih detail dalam mencari tahu berapa kadar nutrisi yang terkandung dalam berbagai jenis makanan, termasuk yang terdapat di restoran fast food.

"Terdapat dua kemungkinan mengapa ada ibu yang sering membawa anak-anaknya ke restoran fast food. Pertama, mereka tergolong orang yang tidak peduli. Kedua, mereka termasuk wanita bekerja yang mencurahkan sebagian besar waktunya di kantor," kata McIntosh lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com