Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2012, 14:08 WIB

KOMPAS.com — Olahraga ternyata tak cuma membuat kita sehat. Manfaatnya yang mungkin paling penting, rutin berolahraga bikin kita lebih kaya. Sebab, menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Labor Research, orang yang rutin berolahraga gajinya rata-rata 9 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah berolahraga.

Hasil penelitian ini tampaknya tak jauh berbeda dari beberapa riset sebelumnya, di mana pernah diungkapkan bahwa orang yang langsing mendapat gaji yang lebih tinggi. Dalam penelitian tersebut dikatakan, orang-orang yang kurus umumnya lebih enerjik, dan hal ini dianggap penting dalam lingkungan kerja. Lantas apa kaitan antara rutin olahraga dan gaji yang lebih tinggi?

Ada yang mengatakan bahwa orang-orang yang biasa nge-gym umumnya lebih disiplin sehingga mereka berpeluang mendapat gaji yang lebih tinggi. Namun, hal ini disanggah karena bisa saja penghasilan yang lebih besar disebabkan mereka memang pekerja yang lebih baik, bukan karena mereka rajin olahraga.

Vasilios Kosteas, PhD, profesor bidang ekonomi dari Cleveland State University, yang menyusun studi terbaru ini menggunakan teknik statistik untuk menilai setiap responden, apakah mereka sesuai dengan profil seseorang yang biasa berolahraga. Kesesuaian itu dilihat berdasarkan faktor-faktor, seperti usia, tingkat pendidikan, dan apakah semasa sekolah mereka aktif mengikuti pertandingan olahraga.

Dengan membandingkan responden yang memiliki nilai serupa (hanya beberapa di antaranya yang olahraga), Kosteas mengindikasikan bahwa olahraga menyebabkan penghasilan yang lebih besar. Dari berbagai studi telah terlihat bahwa latihan mampu meningkatkan fungsi mental dan tingkat energi, serta memperbaiki mood. Dengan memiliki karakteristik seperti ini, mungkin saja orang yang gemar olahraga juga menjadi karyawan yang lebih baik.

Kosteas mengakui masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan penemuan ini. Sebab, tidak ada jaminan bahwa latihan yang dilakukan masing-masing orang akan memberinya kenaikan gaji. Hanya saja, ada kemungkinan dengan rajin olahraga Anda akan mendapat manfaat keuangan yang lain. Misalnya, biaya kesehatan jadi lebih rendah, atau Anda bisa memiliki usia produktif lebih lama.

Penelitian Kosteas juga mengungkapkan bahwa kita tidak perlu jadi maniak olahraga untuk mendapat gaji yang lebih baik. Latihan yang dilakukan dengan tingkat sedang (sedikitnya tiga jam setiap minggu) juga sudah memberikan pengaruh yang positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com