Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2013, 21:32 WIB

T:
Apa perbedaan dari garam mandi dengan garam dapur? Bisakah garam dapur digunakan untuk campuran mandi? (Tanisa, 17)     

J:
Dear Tanisa,
Garam dapur yang dikenal sehari-hari dan digunakan sebagai penambah rasa pada masakan memiliki nama kimia sodium atau Natrium Chlorida (NaCl). Garam dapur sering ditambahkan atau difortifikasi dengan yodium untuk menanggulangi masalah kekurangan yodium di tanah air. Nah garam ini tidak hanya digunakan dalam masakan, namun juga digunakan dalam minuman seperti produk minuman bermineral, produk industri, dan lain sebagainya.

Sedangkan garam mandi didefinisikan sebagai bahan tambahan untuk keperluan mandi yang terdiri atas campuran garam NaCl (sebanyak 90-95 persen) dengan bahan anorganik lain yang mudah larut, kemudian diberi bahan pewangi (essential oil), pewarna, dan lain-lain.

Garam mandi banyak digunakan untuk membersihkan tubuh saat berendam, membuat tubuh menjadi lebih relaks, melenturkan otot yang tegang, mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan, serta menghaluskan dan meremajakan kulit.

Apakah garam dapur bisa digunakan sebagai garam mandi? Jika dilihat dari definisi tentu saja bisa, namun garam dapur yang beredar di pasaran sebagian besar merupakan garam beryodium yang sudah diberi tambahan bahan-bahan lain selain NaCl murni. Nah, unsur yodium atau unsur tambahan lain inilah yang membuat garam dapur kurang cocok digunakan sebagai garam mandi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com