Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ernst & Young Tantang Para "Womenpreneur" Sukses

Kompas.com - 21/03/2013, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Dengan keberanian dan kejelian melihat peluang, perempuan bisa menjelma menjadi wirausahawan yang sukses. Untuk mengapresiasi para perempuan yang berani berwirausaha, perusahaan jasa profesional keuangan dan wirausaha, Ernst & Young, kembali mengadakan pemilihan Ernst & Young Entrepreneurial Winning Women (EWW).

Tahun ini, EWW mengambil tema "Think Big and Be Bold". Program yang sudah digelar untuk keempat kalinya ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis berpotensi yang didirikan oleh para wirausahawan perempuan.

"Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri perempuan wirausaha, sekaligus mengubah pola pikir dan mengembangkan intelektual kewirausahaannya untuk membantu mereka membangun bisnis ke tingkat yang lebih baik," jelas Hari Purwantono, Indonesia Country Managing Partner Ernst & Young, saat peluncuran program di Financial Club, Graha CIMB Niaga, Jakarta, Rabu (20/3/2013) lalu.

Untuk mengikuti ajang penghargaan perempuan pewirausaha berprestasi ini, calon peserta harus mengikuti kriteria seperti: memiliki usaha sendiri yang sudah berdiri minimal lima tahun, dan memiliki laporan penjualan setidaknya Rp 10 miliar per tahun (dalam dua tahun terakhir). Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 20 Juni 2013.

Calon peserta akan melalui serangkaian proses penjurian oleh dewan juri yang terdiri atas pengusaha, akademisi, badan regulatoring, dan juri independen lainnya. Dewan juri akan mencalonkan 10 nominasi dan satu pemenang perempuan pewirausaha pada pertengahan September 2013. Dengan berpartisipasi dalam ajang ini, para pengusaha perempuan ini akan mendapatkan banyak manfaat untuk perkembangan bisnisnya.

"EWW memiliki prinsip untuk membangun kewirausahaan yang maju. Bukan materi yang diperlukan tapi lebih kepada pemberian advise dan pendampingan usaha dari pengusaha sukses, dan juga networking. Dan inilah yang akan didapatkan oleh para pemenang EWW," jelas Sharon Loreta Olich, Country Manager Entrepreneur of The Year Ernst & Young.

Dengan menjadi bagian dari program EWW ini, para pemenang akan bergabung dengan jejaring perusahaan yang telah maju, termasuk menjalin pertemanan dengan wirausahawan sukses lainnya. Pemenang nantinya juga akan berpartisipasi dalam program khusus yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan, memperkuat keterampilan memimpin dan berbisnis, meningkatkan kemampuan mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan bisnis, serta meningkatkan visibilitas nasional dan regional perusahaannya.

"Manfaat terbesar yang dirasakan dengan mengikuti ajang ini adalah, saya jadi punya keberanian dan wawasan yang lebih maju tentang bisnis dan cara mengembangkannya. Selain itu, saya juga punya networking ke perusahaan pemberi modal, atau eksekutif korporasi atau media massa yang memudahkan saya untuk mengembangkan bisnis," ungkap Selvi Nurlia, pemilik CV Media Kreasi Bangsa (Kek Pisang Villa), sekaligus pemenang EWW tahun 2010 lalu.

Senada dengan Selvi, Riezka Rahmatiana, pemilik usaha Justmine Pisang Ijo sekaligus pemenang EWW tahun 2012 juga mengungkapkan bahwa ajang ini membantunya untuk meningkatkan networking dan kepercayaan dirinya untuk bisa sukses berwirausaha. "Banyak bergaul dengan orang sukses akan membantu kita untuk lebih termotivasi menjadi sukses berbisnis," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com