Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2013, 19:12 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Cake berlapis cokelat ganache memang nikmat. Lapisan cokelatnya yang mengilap dan manis semakin memperkaya rasa cake-nya.  Namun tak mudah untuk membuatnya.

"Membuat cokelat ganache yang sempurna itu tidak mudah. Tahapan saat mencampur bahan-bahannya akan memengaruhi hasil akhirnya," ungkap chef Juna Rorimpandey saat cooking class "Klop-in Ramadhanmu bersama Chef Juna" di Pejaten Village, Jakarta Selatan, Jumat (6/7/2013) lalu.

Untuk memudahkan pembuatan cokelat ganache ini, Juna mengungkapkan bahwa cokelat batangan yang digunakan bisa diganti dengan cokelat chips. Cokelat chip ini memiliki titik leleh yang lebih rendah dibanding cokelat batangan. Maka, cokelat ini tak perlu di-tim untuk melelehkannya.

"Karena bentuknya yang lebih kecil maka cokelat ini hanya perlu dicampur dengan krim kental yang sudah dididihkan," katanya.

Untuk membuat cokelat ganache ini, didihkan krim kental terlebih dulu. Kemudian masukkan cokelat chip ini ke dalam wadah. Setelah itu, campurkan krim kental panas ke dalam wadah cokelat chip sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mikser.

"Namun jangan mengocoknya terlalu lama, karena adonannya bisa pecah. Kocok sampai cokelat ini hancur dan rata dengan krim. Setelahnya langsung matikan miksernya," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com