Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2013, 07:53 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jerawat tak cuma timbul karena masalah kurang menjaga kebersihan kulit, pemilihan kosmetik yang salah, hormon, makanan berlemak, atau genetik. Ternyata, pemicu lainnya adalah faktor kebiasaan.

"Beberapa kebiasaan yang dilakukan tanpa sadar bisa menimbulkan jerawat, atau bahkan membuat jerawat lebih parah," ungkap ahli kecantikan dari klinik BeYouTiful, dr Gloria Novelita, SpKK, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia memaparkan, menurut penelitian oleh Orkin pada tahun 1991, jerawat juga bisa timbul akibat trauma fisik seperti gosokan yang berulang. Gosokan yang kasar secara berulang-ulang akan menimbulkan luka fisik di wajah sehingga kulit jadi trauma dan menipis. Luka-luka tak terlihat ini akan membuat bakteri lebih mudah menginfeksi dan menimbulkan jerawat.

"Salah satu kebiasaan menggosok berulang ini adalah saat melakukan scrub wajah. Butiran scrub-nya bisa menimbulkan luka," jelasnya.

Untuk itu, Gloria menyarankan untuk tak terlalu sering melakukan scrub wajah. Selain itu, hindari memilih pembersih wajah harian yang mengandung scrub.

Memencet jerawat juga jadi satu kebiasaan yang bisa memperparah kondisi wajah yang berjerawat. Menurut penelitian Carnizares pada tahun 1993, jerawat yang sudah ada akan semakin memburuk bila dimanipulasi.

Manipulasi jerawat ini bisa dilakukan dengan cara memencet, tidak membersihkan wajah, disentuh terus-menerus dengan tangan yang kotor, dan lain-lainnya. Jika hal ini terus dilakukan maka, akan terjadi radang yang lebih hebat. Akibatnya, akan terbentuk luka parut atau lubang jerawat yang membekas.

"Ketika sudah berjerawat, rajinlah membersihkan wajah dan pakai obat jerawat. Sebaiknya jangan tutup jerawat di wajah dengan kosmetik, dan jangan dulu scrub wajah," sarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com