Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2013, 22:38 WIB
Rahman Indra

Penulis

KOMPAS.com - Dalam perhelatan MTV Video Music Awards pada Minggu (25/8/2013) lalu, Katy Perry mengambil kesempatan untuk memamerkan perhiasan berlian di giginya. Penyanyi berusia 28 tahun itu mengaku mengenakannya karena berkaitan dengan promo single terbarunya, Roar.

Menurut New York Daily News, Katy Perry menghabiskan uang sebesar 1.000 dollar AS atau Rp 10 juta untuk grillz tersebut. Perhiasan ini merupakan desain dari Paul Wall, yang cukup populer di antara selebriti di Amerika Serikat. 

Sekilas perhiasan tersebut menyerupai kawat gigi yang identik dengan si Ugly Betty, tetapi grillz bukan kawat gigi biasa. Ada yang terbuat dari emas dan berlian, sehingga memberi kesan bling-bling.

Tren perhiasan di gigi ini sebenarnya bukan lagi hal baru, namun dalam beberapa minggu terakhir kembali mencuat setelah beberapa selebriti dan atlet peraih medali emas Olimpiade, Ryan Lochte, mengenakannya.

Sebelum Katy Pery, Madonna yang berusia 55 tahun juga mengenakannya dalam dua event berbeda.  Pertama, dia memamerkan grillz dari berlian, lalu pada event berikutnya grillz yang terbuat dari emas. Sepertinya Madonna punya koleksi perhiasan gigi ini cukup banyak.

Sama halnya dengan anting atau cincin, perhiasan gigi ini sangat mudah dipakai dan dilepas. Terbuat dari bahan seperti platinum, emas, dan berlian.

Eloise Parker, ahli budaya pop, mengungkapkan bahwa harga grillz sangat mahal, oleh karenanya sekaligus menjadi penanda bahwa si pemakai perhiasan ini pastilah orang kaya. Selain itu ini juga menjadi penanda bahwa mereka yang memakainya ingin menunjukkan ekspresi diri.

Tidak hanya Katy Perry dan Madonna, masih banyak daftar figur publik yang mengenakan dan sekaligus mengoleksi perhiasan jenis ini. Sebut saja di antaranya Rihanna, Chris Brown, Lil Wayne, hingga Miley Cyrus.

Eddie Plein, pemilik Eddi's Gold Teeth di Atlanta, Georgia, AS, disebut-sebut sebagai yang mengawali tren perhiasan gigi ini. Ketika itu dia membuat satu set untuk Flavor Fav di awal tahun 80-an. Bentuk perhiasan grillz ini bermacam-macam, ada yang hanya menutupi bagian atas gigi, bagian bawah saja, atau menutupi seluruh bagian mulut.

Beyonce pernah mengenakan perhiasan gigi yang menyerupai gigi vampir. Miley Cyrus mengambil model perhiasan emas untuk gigi bawah. Dia sendiri punya sebutan khusus untuk perhiasan ini, yakni chill grill. Sementara Rihanna pernah tampil mengejutkan dengan perhiasan gigi atas berbentuk pistol, sementara bagian bawah berderet perhiasan emas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com