Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2013, 17:03 WIB
Rahman Indra

Penulis



KOMPAS.com —
Dalam hidup kita selalu dihadapkan pada pilihan. Entah itu sesederhana memilih warna sepatu, perawatan tubuh, ataupun dalam menjalin hubungan. Untuk memutus kebimbangan, tentu kita akan mencari saran dari teman, pasangan, atau orang yang baru kita temui di jalan.

Meski begitu tak semua hal perlu dilakukan berdasarkan pendapat orang lain. Meski 5 hal ini bisa membuat bingung, tapi buatlah keputusan sendiri. Anda berhak mengabaikan pendapat orang lain.

1. Apa yang akan Anda lakukan dengan rambut-rambut yang tumbuh di tubuh Anda
Entah itu mencukur atau melakukan wax, atau lainnya, itu keputusan Anda terhadap sesuatu yang bersifat pribadi. Selain karena akan mendengar penjelasan yang mungkin tidak memuaskan, Anda hanya akan dibuat frustrasi kalau harus menunggu dan meminta pertimbangan dari orang lain dulu baru melakukannya.

2. Keputusan apa pun menyangkut aktivitas seks
Kapan, di mana, dan bagaimana melakukan aktivitas seks rasanya bukan urusan orang lain. Begitu juga dengan keinginan Anda, misalnya untuk mengalami cinta satu malam, sedang menunggu pernikahan, atau dilamar kekasih. Tidak perlu memaparkannya ke orang lain juga untuk hal ini.

3. Perlu atau tidaknya Anda punya anak
Menjadi orangtua dan mengasuh anak akan berbeda bagi setiap orang. Meski setiap perempuan berpotensi menjadi ibu (melahirkan anak), merawat dan mengasuh anak bisa jadi berbeda. Sejumlah wanita ada yang berpikir bebas dan belum siap untuk menjalani peran sebagai ibu.

4. Kondisi yang dialami saat ini
Apakah mau tinggal sendiri di kontrakan atau kembali menginap di rumah orangtua, itu adalah pilihan yang mestinya Anda sendiri yang tahu jawabannya. Begitu juga dengan pilihan apakah mau menerima ajakan pasangan Anda untuk bertunangan atau menikah. Andalah yang tahu jawaban pastinya.

5. Menempatkan karier di atas kehidupan pribadi atau sebaliknya
Menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan karier kadang tak semudah teori. Ketika Anda sukses, biasanya kehidupan percintaan Anda kacau. Bisa juga sebaliknya. Dan ini dialami oleh hampir setiap orang. Jadi bagaimana Anda bisa meminta saran dari orang lain? Karena yang tahu yang terbaik untuk Anda adalah Anda sendiri. Misalkan ada tawaran pekerjaan di luar kota dan mesti putus hubungan dengan kekasih, Anda yang lebih tahu mana yang lebih baik sebagai jalan keluarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com