Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2013, 20:33 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Perhelatan Jakarta Fashion Week 2014 (JFW) akan kembali digelar di Senayan City, Jakarta Selatan, mulai tanggal 19-25 Oktober 2013 mendatang. Untuk menandai dibukanya ajang fesyen ini, JFW memulainya dengan meresmikan Buyer’s Room.

"Buyer's Room ini bertujuan untuk mempromosikan karya-karya desainer Indonesia ke pasar mancanegara. Melalui program ini kami berharap desainer dan brand lokal kita dapat dikenal dunia, serta mengangkat reputasi industri mode kita di kancah global. Buyer's Room adalah kunci untuk mengembangkan industri mode lokal," ungkap Svida Alisjahbana, Ketua Umum JFW 2014 saat konferensi pers pembukaan buyer's room di The Hall, Senayan City, Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2013).

Di dalam Buyer's Room ini, desainer-desainer terpilih bisa memamerkan karya-karya mereka. Nantinya mereka harus mempresentasikan kelebihan serta ciri khas busana mereka, sekaligus menjual brand mereka kepada para buyer dari indonesia dan luar negeri.

Para desainer terpilih ini berjumlah 40 label di antaranya Yodafat Dwi Kurniawan, Albert Yanuar, Tex Saverio, Toton, Patrick Owen, Billy Tjong, Jeffry Tan, Major Minor, 8eri, Vinora, Friederich Herman, Alleira, Ardistia New York, Hunting Fields, Milcah, N.F.R.T, May&June, La Spina, Itang Yunasz, Dian Pelangi, Jenahara, Nur Zahra, dan Ali Charisma. "Desainer yang dipilih ini adalah gabungan dari desainer fashion forward, desainer yang dipilih oleh fashion council JFW, wanita wirausaha Femina, dan juga mominator dari Cleo Fashion Award," jelas Diaz Parzada, Creative Director JFW 2014.

Buyer's Room yang akan dibuka selama tiga hari ini, sudah mencatat beberapa nama departement store dan buyer internasional dan lokal untuk menghadirinya. Salah satunya, distributor market untuk Rusia dan Italia, Isetan dari Singapura dan Kuala Lumpur, Fenwick dari London dan beberapa buyer dari Dubai, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Milan. Dibandingkan tahun lalu, jumlah buyer yang diperkirakan datang juga semakin meningkat.

Sedangkan buyer lokalnya antara lain Matahari, Sarinah, Metro, Pasaraya, Goods Dept, Lotte, Sogo, dan Galeries Lafayette.  Jika di tahun lalu tercatat ada 15 buyer internasional yang datang, maka di tahun ini sudah dipastikan ada 20 buyer internasional yang akan datang.

Untuk meningkatkan jumlah buyer internasional yang datang, maka JFW juga bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. "Bersamaan dengan JFW, Kementerian Perdagangan juga menggelar Trade Expo Indonesia (TEI) di Kemayoran. Maka tahun ini kami bekerjasama untuk membawa buyer di TEI ke buyer's room. Ini sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk memajukan fashion tanah air," ungkap Indrasari Wisnu Wardhana, Sekretaris Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional. Untuk memudahkan akses buyer dari TEI ke JFW dan sebaliknya, akan disediakan shuttle bus di kedua lokasi ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com