Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oscar Lawalata Ingin Kain Tradisional Jadi Busana Sehari-hari

Kompas.com - 24/10/2013, 14:27 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jakarta Fashion Week 2014 menjadi tahun kelima penyelenggaraan kampanye Go Red for Women yang digaungkan oleh Yayasan Jantung Indonesia (YJI). Sama seperti tahun sebelumnya, YJI bekerjasama dengan desainer Oscar Lawalata untuk menghasilkan koleksi busana siap pakai. Tahun ini, YJI dan Oscar mengusung tema "I Am Indonesian".

"Tema ini saya pilih untuk menunjukkan kepada para perempuan muda bahwa kain tradisional ini tidak hanya bisa digunakan untuk datang ke pernikahan, acara adat, atau acara formal lainnya. Tetapi, sebagai bangsa Indonesia kita juga harus bangga menggunakan busana dari kain tradisional ini sebagai busana sehari-hari," jelas Oscar Lawata saat konferensi pers peragaan busananya di Jakarta Fashion Week 2014, Senayan City, Selasa (22/10/2013) lalu.

Dalam show kali ini, Oscar menghadirkan 60 busana yang terbuat dari kain-kain nusantara yang diolah dengan lebih modern. Kakak dari Mario Lawalata ini menggunakan material beruba songket Bali, Kain ikat dari Flores, Pulau Timor, dan kain dengan motif Kalimantan.

"Semua busana ini dipadukan dengan embroidery dan semua pengerjaannya handmade," tambahnya.

Untuk memberikan sentuhan gaya busana dari kain tradisional ini, Oscar memadukannya dengan membuat siluet busana yang modern. Misalnya celana, gaun pas badan, rok, dan juga sarung. Oscar banyak memberikan permainan tekstur berupa draperi di koleksinya ini.

Sekalipun masih dalam bagian kampanye Go Red for Women, namun Warna-warna yang digunakannya pun terlihat sangat beragam beragam. Paduan warna kain tradisional yang gelap dengan benang cerah untuk membentuk motif-motifnya menjadikan koleksinya kali ini jadi lebih anggun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com