Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2013, 13:25 WIB
K. Wahyu Utami

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com –
Karena sebuah perbedaan pendapat, Anda dan suami tak saling bicara selama 3 hari. Tapi tak ada satu pun dari Anda berdua yang mau menurunkan egonya. Entah bagaimana cinta bisa menghilang dan digantikan oleh ego?

Anda mungkin telah mengetahui bahwa ego yang buruk selalu berakibat negatif. Tak ada satu pun hubungan yang sukses tanpa memahami ego. Setiap pasangan seharusnya saling memahami dan bisa menangani ego yang lain.

Ketahui hal-hal penting yang harus Anda berdua ingat dalam memahami ego pada suatu hubungan.

Tak ada gunanya saling menghakimi

Selalu menilai pasangan dan melihat keburukannya adalah hal yang wajib dihindari dalam sebuah hubungan. Ketahuilah bahwa hubungan yang awet dilandasi oleh usaha dari kedua belah pihak untuk melakukan yang terbaik.  

Setiap orang membutuhkan ruang

Meskipun Anda berada dalam suatu hubungan tetapi Anda beruda membutuhkan ruang untuk diri sendiri. Saling memberikan ruang pribadi menjadi cara terbaik untuk memelihara hubungan. Ketika Anda memberi ruang dan waktu satu sama lain, hal ini membantu Anda berdua memahami kebutuhan ego.

Selalu ada jalan tengah

Ketika Anda berada dalam suatu hubungan, Anda harus sering berkompromi. Daripada mengambil kompromi untuk ego Anda, rasakan bahwa ada jalan tengah untuk setiap pihak merasa terpuaskan. Anda berdua harus memberikan sesuatu pada hubungan ini.

Berempati ketika Anda merasa buruk

Memahami egoisme hubungan bukanlah hal yang sederhana, tetapi ketika Anda mampu berempati pada apa yang orang lain rasakan, segalanya menjadi lebih mudah. Ego akan menghalangi kita melihat kebenaran. Tetapi jika Anda mau mengesampingkan ego dan memahami masalah pasangan, itu akan sangat membantu.

Diskusikan dengan teman

Kadang-kadang Anda berdua terjebak dalam dunia Anda sendiri dan hanya melihat sisi negatif satu sama lain. Lakukanlah pembicaraan dengan sahabat atau pasangan lain. Orang lain mungkin memiliki pandangan yang berbeda dan membantu kita memahami masalah ego dalam hubungan ini.

Hidup itu indah

Tetap positif dan percayalah bahwa hidup selalu indah sehingga tidak layak dikorbankan untuk hal-hal kecil dan tidak penting. Anda berdua saling mencintai dan bisa menghindari masalah ego. Jika Anda cinta antara Anda berdua, Anda bisa memaafkan satu sama lain.

Hadapi kenyataan
Sebelum sampai pada satu kesimpulan, pastikan ada kebenaran yang diketahui. Apakah pernikahan Anda sebuah kompromi atau cinta itu tidak ada lagi? Hadapi kenyataan dan buatlah keputusan yang tepat sehingga Anda tak perlu bersikap skeptis terus menerus.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com