Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2013, 16:58 WIB
Rahman Indra

Penulis

 

 

 

KOMPAS.com — Saat merasa stres, malas, atau kurang motivasi, tentu kreativitas terasa mandek. Banyak orang mengatasi kondisi tersebut dengan mengonsumsi makanan. Namun, jangan sembarangan memilih makanan. Ada beberapa jenis bahan pangan yang diketahui memiliki efek baik terhadap kondisi emosi.

Samantha Cassetty, direktur nutrisi di Good Housekeping Research Institute, mengungkapkan ada beberapa pilihan jenis makanan ringan yang bisa membuat mood kembali positif.

- Saat merasa tertekan atau stres
Saat tekanan dan stres menghampiri cobalah makan pasta. Di dalam makanan ini terdapat magnesium yang dapat mengurangi kadar stres dalam tubuh. Ingin mencoba yang lebih berat, tambahkan dengan ikan salmon. Riset menunjukkan ikan ini memiliki kandungan yang dapat mengurangi gejala cemas.

- Saat marah
Secangkir teh diketahui memiliki efek menenangkan, tetapi lebih disarankan untuk memilih teh hijau. Dalam minuman ini terkandung antioksidan  yang disebut epigallocatechin gallate (egcg). Menurut sebuah studi di jurnal kesehatan Appetite tahun 2012, pasien yang menerima sejumlah dosis egcg mood mereka lebih baik dan tenang.

- Saat merasa tidak bersemangat
Usahakan makan pagi atau sarapan. Jangan sekali-kali mengabaikan khasiat asupan makanan pagi hari, jika tidak sempat minimal konsumsi sereal. Bukan hanya menambah energi, sarapan juga akan membuat kita lebih fokus. 

- Saat merasa di titik terendah dan negatif
Jangan lari pada makanan seperti keripik kentang atau es krim karena justru membuat Anda merasa bersalah setelahnya. Lebih baik alihkan perhatian pada musik yang bertempo cepat. Ini jenis konsumsi tanpa kalori, tetapi berefek sangat ampuh memperbaiki mood. Anda juga bisa melakukan kegiatan yang menjadi hobi Anda, entah itu membaca, menonton film, atau main games untuk menekan keinginan makan.

- Saat merasa malas dan tidak mau melakukan apa-apa
Apakah itu terjadi di siang hari di kantor atau sore hari beranjak pulang kerja, atasi dengan makanan yang mengandung serat dan protein, entah itu semangkuk bubur ayam atau rujak yang menyegarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com