Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2013, 14:05 WIB

Kompas.com - Saat cuaca berubah mendung dan hujan turun tiada henti, maka yang terlintas di dalam pikiran kita adalah minuman hangat yang dapat menghangatkan tubuh. Minuman yang menggunakan jahe sungguh tepat untuk cuaca yang tidak bersahabat ini. Selain rasanya lezat, membuatnya pun sangat mudah. Selamat menikmati.


Teh Jahe Kayu Manis

Keperluan: 1 liter air, 150 gr gula pasir, 2 batang sereh, memarkan, 3 butir cengkeh, 1 batang kayu manis, 3 ibu jari jahe (100 gr), bakar lalu memarkan, 2 kantong teh celup.

Cara membuat: didihkan air, masukkan bahan-bahan tersebut, biarkan beberapa saat sampai harum rempah-rempahnya tercium. Masukkan teh celup, diamkan kira-kira ¼ jam. Saring, lalu sajikan selagi panas.

 
Wedang Angsle

Keperluan: Untuk isinya: 8 butir nangka, potong-potong, 100 gram kacang hijau, rebus sampai lunak, 200 gram tape singkong, potong dadu, 200 gram kacang goreng, sekoteng.

Saus: saus jahe ditambah saus santan.

Saus jahe:

Keperluan: 1 liter air, 225 gram gula pasir, 100 gram jahe, 3 lembar daun pandan, sobek-sobek, 2 batang sereh, memarkan.

Cara Membuat: jahe dibakar, kupas, lalu memarkan, didihkan air, masukkan gula dan bahan-bahan lainnya. Masak dengan api kecil dan panci tertutup sampai rempah-rempahnya meresap.

Saus santan:

Keperluan : ¼ liter santan yang sedang kentalnya, 1 sdt garam, 2 lembar daun pandan, sebit-sebit, didihkan, aduk-aduk sebentar lalu angkat.

Penyajian: taruh semua bahan di mangkok, siram dengan saus jahe panas, bubuhi saus santannya, hidangkan segera.


Teh Sekoteng

Keperluan: 1 piring sekoteng, ½ ons lengkeng kering, 1 ons tangkwe, ¼ ons manisan kulit jeruk, ½ biji teratai, bisa diganti dengan kacang tanah yang sudah direbus, kolang-kaling yang sudah diiris tipis panjang.

Saus jahe: 100 gram jahe, 3 lembar daun pandan, disebit-sebit, 2 batang sereh, memarkan, 1 liter air, 225 gram gula pasir.

Cara membuat: jahe dibakar, kupas lalu memarkan. Didihkan air, masukkan gula dan bahan lainnya. Jika sudah larut, kecilkan api, masak terus dalam api tertutup dan api kecil sampai rempah-rempahnya meresap. Angkat, lalu saring, tetap taruh di api kecil supaya kuahnya tetap panas. Lengkeng dan manisan kulit jeruk diiris tipis-tipis. Semua bahan beserta kolang-kaling dan kacang rebus dimasukkan ke dalam saus jahe.

Penyajian:

Ambil mangkok saji, taruh kira-kira 2 sendok makan sekoteng dan 1 sdm tangkwe yang sudah diiris persegi kecil, siram dengan saus jahe.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com