Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Mendengarkan Teman Curhat Menyebabkan Anda Masih "Single"

Kompas.com - 02/01/2014, 19:25 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Melihat teman-teman yang telah berpasangan, secara alamiah  membuat kita jadi ingin memiliki kekasih yang hangat dan penuh perhatian. Tetapi masalahnya, jangankan berkomitmen dengan seorang pria, untuk jatuh cinta saja, rasanya sulit sekali. Sindrom apakah ini? Apa yang terjadi?

Anda tak perlu khawatir, susah jatuh cinta bukan sebuah sindrom gangguan psikis, karena memang sebenarnya cinta itu tidak bisa dipaksakan, seperti itulah yang dilansir oleh Marie Claire yang merilis hasil survei yang dilakukan oleh Match.com yang menguak  temuan bahwa pada dasarnya perempuan memang lebih sulit jatuh cinta dibandingkan dengan pria.

Sebanyak 54 persen partisipan pria mengaku mudah jatuh cinta pada pandangan pertama, sementara hanya 44 persen partisipan wanita yang memiliki pengalaman serupa. Maka dari itu, ketika berpacaran, umumnya pria enggan berjauhan dari pasangannya, hanya 22 persen partisipan pria yang membutuhkan waktu bersama teman-teman mereka. Sedangkan 77 persen wanita mengaku bahwa mereka menuntut “ruang dan waktu” untuk bertemu dengan teman dan sahabat mereka.

Jadi, jangan khawatir ketika Anda merasa susah jatuh cinta, karena menurut hasil survei tersebut di atas, jatuh cinta bukanlah sesuatu yang mudah bagi wanita. Bukan karena Anda yang terlalu banyak keinginan, tetapi lebih kepada mencari “chemistry” antara diri Anda dan si dia.  

Selain itu, sering menjadi “tempat” curhat para sahabat yang kerap disakiti oleh pasangan mereka, bisa menjadi pencetus  mengapa hingga kini Anda masih sendiri. Sebab, ternyata kebiasaan mendengarkan curhat teman dengan tulus, bisa memengaruhi pola pikir dan membentuk pandangan Anda terhadap hubungan cinta yang sempurna.

Masalahnya segala sesuatu yang sifatnya sempurna itu tidak ada di dunia ini, akhirnya Anda pun seperti terperangkapdalam bayangan dan impian akan sebuah hubungan bersama seorang pria impian yang ideal namun tidak nyata.

Maka dari itu, lain waktu seorang teman mengajak Anda bertemu untuk sesi curhat, coba perhatikan dulu bagaimana kondisi tubuh saat itu. Sebab jikalau kondisi tubuh sedang tidak fit, bisa menyebabkan perasaan menjadi lebih sensitif, sehingga Anda pun jadi lebih mudah terhanyut pada cerita dan rintihan sang teman. Inilah yang akhirnya, membuat hati Anda menjadi lebih waspada dan berhati-hati terhadap cinta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com