Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bawang Putih yang Dipanggang Lebih Kaya Manfaat?

Kompas.com - 26/01/2014, 15:31 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Memasak makanan khas Indonesia, memang memerlukan banyak aneka bumbu dapur, salah satunya adalah bawang putih. Agar hasil masakan Anda lebih maksimal dan tubuh memperoleh manfaat baik dari makanan, simak penjelasan berikut!

Bawang putih berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah di tubuh dan mencegah terjadi pembekuan tekanan darah. Karena kandungan enzim alinase pada bawang putih memang terbukti sangat baik untuk melancarkan peredaran darah agar terhindar dari terkena serangan jantung.

Untuk memperoleh khasiat bawang putih secara menyeluruh, sebelum digunakan sebagai bumbu dapur, panggang bawang putih terlebih dulu selama tiga menit. Ini akan “mengunci” khasiatnya serta mengurangi aroma tak sedap pada bawang putih.

Saran ini berasal dari peneliti di Departemen Pertanian Amerika dan National University of Cuyo di Argentina. Bila dipanggang selama lebih dari tiga menit, kontribusinya untuk mencegah pembekuan dara berkurang sebanyak 80 persen. Jika dibiarkan terpanggang lebih lama akan menghilangkan manfaat-manfaat baiknya.

Patut diingat, untuk jangan memanggang bawang putih di dalam microwave, cara ini akan merusak struktur enzim alinase. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com