Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2014, 19:33 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com – Orang yang memiliki stok energi lebih mudah melewati segala tantangan dengan senyum dan hati yang lapang. Tak hanya itu, berbagai penyakit ringan pun otomatis bakal menjauh dari mereka.

“Ketika tubuh penuh energi, kita akan merasa sangat bahagia,” ujar Judit Orloff, MD., psikiater dari Los Angeles sekaligus penulis Positive Energy.

Dengan mengoreksi beberapa hal dalam rutinitas harian, maka level energi yang tadinya menurun dapat kembali meningkat dan melahirkan rasa bahagia dalam jiwa Anda. Yuk, terapkan lima cara yang kabarnya mampu membuat Anda terbangun tanpa lelah dan pastinya lebih bersemangat.

Minggu pertama, tangkal stres

Stres yang dialami di masa modern berputar antar masalah uang, pekerjaan, dan keluarga, demikian menurut Roberta Lee, MD, dari Departemen Pengobatan Integratif, Beth Israel Medical Center, New York, sekaligus penulis The Superstress Solustion.

Kabar baiknya, semua ini dapat diatasi tidak hanya dengan menghilangkan faktor penyebab stres itu sendiri, tapi dengan bersikap lebih relaks dalam menghadapinya.

Minggu kedua, kalahkan rasa takut

Riset menunjukkan, orang yang menumpahkan pengalaman di atas kertas bisa merasa lebih bahagia dan sehat. Karenanya, tuliskan segala hal negatif yang ada di pikiran pada jurnal. Tuliskan juga hal-hal yang kita syukuri dalam hidup ini. Studi dari University of California menunjukkan, tindakan ini bisa membuat kita lebih semangat serta melenyapkan rasa sakit.

Minggu ketiga, memahami tubuh

Menurut Lee, banyak orang datang ke dokter dengan keluhan yang mengarah pada stres, seperti migren, sulit berpikir jernih, tapi tak tahu penyebabnya. Jadi, ada baiknya kita belajar memahami reaksi tubuh terhadap kondisi emosional yang dialami. Dengan begitu, kita akan tahu cara mengantisipasinya.

Minggu keempat, tidur yang cukup

Kurang tidur membuat stamina tubuh menurun dan performa kulit wajah terutama sekitar mata menjadi kusam serta tak menarik. Menurut National Sleep Foundation, lingkungan yang tidak nyaman dan interupsi saat tidur dapat membuat kualitas istirahat berkurang. Cobalah atasi dengan memiliki jam tidur dan bangun yang tetap dan teratur, mengatur suasan kamar segelap mungkin dan gunakan bantal guling yang empuk, serta batasi asupan kafein di sore hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com