Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/03/2014, 11:05 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber She Knows

Kompas.com - Mengajari anak-anak tentang cara mengatur uang bisa menjadi fondasi finansial yang penting bagi mereka kelak. Mengatur uang bukan hanya sebatas menabung, tapi juga bagaimana mempergunakan uang dengan bijak.

Untuk anak-anak, gunakan 6 strategi berikut ini untuk mengenalkan mereka pada konsep uang dan bagaimana mengelolanya.

- Turun ke bawah
Berbicaralah kepada anak sesuai dengan level mereka. Jadi bukan hanya memberi instruksi tapi juga berdialog sehingga mereka merasa sebagai mitra yang sejajar. Anda bisa melakukan sambil duduk di lantai misalnya. Selain lewat bahasa, Anda juga bisa mengajarkan konsep uang lewat permainan, seperti permainan monopoli.

- Contoh konkret
Jika saat ini Anda sedang memiliki hutang kartu kredit, gunakan bahasa yang mudah dipahami untuk menjelaskan prinsip bunga, sekaligus menunjukkan efek dari berhutang terlalu banyak. Anda juga bisa menunjukkan pada mereka beda antara kebutuhan dan keinginan secara konkret. Misalnya, membeli sepatu karena yang lama sudah sempit adalah kebutuhan, sedangkan membeli sepatu merek yang sedang tren adalah keinginan.

- Tunjukkan cara penghematan
Saat Anda sedang pergi bersama si kecil, tunjukkan padanya mengapa Anda menawar suatu barang atau memilih untuk membeli barang yang sedang diskon. Jelaskan pada mereka berapa jumlah uang yang Anda hemat.

- Ajak ke bank
Selama ini mungkin mereka selalu melihat Anda menarik uang di ATM. Jika tidak dijelaskan, anak tidak akan mengerti bagaimana Anda bisa mengambil uang di mesin tersebut. Karena itu ajak mereka juga ke bank saat Anda menyetor uang. Dengan demikian mereka memahami bahwa uang yang ditarik di ATM adalah uang yang sebelumnya Anda tabung.

- Beri perencanaan
Sudah menjadi tradisi sebagian besar keluarga di Indonesia untuk memberikan uang kepada anak-anak saat hari Raya atau acara ulang tahun. Ajak anak untuk membuat rencana anggaran dari uang tersebut. Berapa yang akan disisihkan untuk ditabung dan mana yang boleh dibelikan mainan.

- Dorong untuk menabung
Cara terbaik untuk menunjukkan pada anak kekuatan menabung adalah dengan membuka rekening di bank atas namanya. Mereka pasti akan merasa semakin termotivasi untuk menabung lebih banyak setelah melihat jumlah nominal yang terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com