Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2014, 09:02 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis


KOMPAS.com --
Semua orang yang melakukan diet dan pernah berdiet pasti mengerti bahwa proses pelangsingan tubuh paling ideal adalah kombinasi olahraga dan membatasi asupan makan. Namun, pada beberapa kasus, mereka harus rela menahan rasa lapar yang menyiksa demi memperoleh lingkar pinggang nan ramping.

Sebuah temuan dari sejumlah ilmuwan Jepang akan membuat Anda yang tengah berdiet bernapas lega. Pasalnya, mereka menemukan cara alamiah yang aman dan efektif untuk menurunkan berat badan tanpa rasa lapar. Menariknya, Anda tak perlu sengaja mengurangi jumlah kalori yang akan Anda konsumsi. Sebab, nafsu makan akan berkurang dengan sendirinya. Tidak percaya? Baca terus!

Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan di Osaka University, Jepang, menemukan berbagai aroma bahan makanan dan buah-buahan yang dapat meredam rasa lapar tanpa siksaan. Salah satunya adalah jeruk bali.

Jeruk bali termasuk dalam rumpun buah yang kaya kandungan vitamin C dan likopen. Namun, hasil penelitian di Jepang menemukan khasiat lain dari jeruk kupas ini. Ternyata, aroma jeruk bali dapat menahan nafsu makan.

Nah, apabila sekarang Anda tengah menjalani program diet, disarankan untuk menghirup aroma jeruk bali dan tunggu selama 15 menit sebelum menyantap makanan. Kabarnya, Anda akan merasakan selera makan menurun secara perlahan dan hilang sama sekali.

Selanjutnya, penelitian yang dihelat oleh Smell and Taste Treatment and Research Foundation menemukan, aroma buah apel hijau dan pisang juga dapat meredakan desakan mengudap di luar waktu makan. Alasannya, kedua buah ini diteliti memiliki aroma manis yang bisa menetralkan rasa lapar. Cara alternatif lainnya, Anda bisa memanfaatkan aroma vanila dan peppermint, yang diklaim memiliki aroma serupa dengan apel hijau dan pisang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com