Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2014, 11:16 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com — Ritual kecantikan para leluhur sederhana, tetapi memberikan khasiat jangka panjang. Kuncinya terletak pada ketelatenan merawat diri.

Inilah yang dialami sendiri oleh Gusti Noeroel, putri Keraton Solo (Pura Mangkunagaran), anak tunggal KGPAA Mangkoenagoro VII dari permaisurinya, Gusti Kanjeng Ratu Timoer. Kebiasaannya dalam merawat kecantikan saat tinggal di keraton diturunkannya kepada anak-anaknya. Alhasil, para perempuan bangsawan ini memiliki kulit cantik dan sehat terawat meski sudah sepuh.

Putri sulung Gusti Noeroel, BRAy Parimita Wiyarti mengatakan, meski sudah sepuh, Gusti Noeroel yang kini berusia 92, masih menunjukkan karisma kecantikannya.

"Kulitnya keriput, tapi tidak terlalu keriput seperti orang seusianya. Masih terlihat karismanya, 'bekas' cantiknya," kata Parimita kepada Kompas Female di sela peluncuran buku Gusti Noeroel di Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Menurut Parimita, kebiasaan facial di rumah membuat kulit ibunya terlihat masih lebih muda dari usianya. Kebiasaan ini jugalah yang Parimita ikuti hingga kini. Ritual kecantikan tradisional membuat kulitnya terlihat masih kencang walau bukan berarti tanpa keriput.

"Dulu zaman ibu belum ada facial. Jadi, untuk facial pakai air panas dalam wadah, lalu wajah di dekatkan ke air sambil kepala ditutupi handuk. Saya masih melakukan ini dua kali dalam sebulan. Selain facial di salon sebulan sekali," akunya.

Ritual lain yang masih dijalankan adalah pakai minyak khusus untuk rambut. Bahkan, ibunya, Gusti Noeroel, masih melakukan ritual ratus rambut sebulan sekali.

"Saya pakai minyak cem-ceman, tapi yang sudah dimodernisasi dalam bentuk sampo," katanya.

Benar saja, ritual kecantikan ini terbukti ampuh merawat kesehatan rambut. Menurutnya, rambut ibunya masih tebal dan hitam meski tentunya sudah beruban. Untuk orang seusianya, memiliki rambut yang tidak memutih seluruhnya merupakan hal yang tak biasa.

Selain ratus, facial tradisional, serta penggunaan bahan-bahan alami untuk perawatan rambut dan kulit, lulur juga menjadi ritual lainnya yang dijalankan ibu-anak ini untuk memelihara kecantikannya secara alami.

MARTHA TILAAR GROUP/SUDAR K.R.Ay Parimita Wiyarti Soerjosoejarso, anak sulung Gusti Noeroel.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com