Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2014, 19:14 WIB
Kontributor Female, Melissa Hendrasari

Penulis

Seiring usia, banyak hal yang menyebabkan bentuk tubuh wanita mengalami perubahan. Mulai dari penurunan metabolisme tubuh, hamil, malas berolahraga, sibuk bekerja, dan masih banyak lagi.  Tak ayal melihat tubuh yang tak lagi menarik, wanita berpaling pada solusi instan. Salah satunya adalah menggunakan korset dan Spanx di balik busana yang mereka kenakan.

“Penggunaan pakaian dalam ketat untuk menyamarkan bentuk tubuh, sama saja seperti menggunakan wig untuk menutupi rambut yang menipis. Anda hanya membohongi diri sendiri dan berusaha percaya bahwa tubuh Anda ramping dan menawan. Hanya wanita sendiri yang tahu benar bentuk fisiknya dan tidak ingin diketahui oleh orang lain. Hal ini dapat menyebabkan rasa malu dan ketidaknyamanan,” ungkap Dr. Fran Walfish, seorang psikoterapis dan penulis buku Self Aware.

Selain itu menggunakan korset dalam jangka waktu yang lama, dapat merusak organ dalam tubuh Anda. Seperti yang dikutip dari ABC News, Dr Orly Avitzur, Ahli Saraf, sekaligus penulis jurnal media dan penasehat medis untuk Consumer Reports, membeberkan bahwa pemakaian korset secara berlebihan bisa membuat saraf terjepit, pergeseran tulang, dan menimbulkan masalah pencernaan yang kronis. “Celana yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan infeksi kandung kemih, infeksi jamur pada vagina dan juga pembekuan darah pada kaki,” urainya.

Menurut Dr Fran, sikap yang demikian hanya menyusahkan dan menipu citra diri pada lingkungan sekitar. Anda harus menerima diri sendiri apa adanya. Jika merasa kurang ideal, maka lakukanlah diet sehat dan olahraga seimbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com