Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Pakai "High Heels"? Pilih "Stocking" yang Bisa Merawat Kaki

Kompas.com - 06/06/2014, 08:49 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Kebiasaan yang dilakukan perempuan, antara lain pakai high heels, pakaian ketat di sekitar kaki dan pinggul, memicu berbagai gangguan di area kaki juga meningkatkan risiko munculnya varises, yang kemudian mengurangi keindahan fisik.

Dokter dari Venosan Clinic, Dipa Dwi Jayanthi, mengatakan, kaki yang sudah memiliki beban berat apalagi jika ditambah dengan berbagai kebiasaan berisiko tersebut, membutuhkan perawatan. Tujuannya mencegah munculnya gangguan seperti kram, pegal, kaki bengkak hingga varises.

Salah satu cara merawat kaki adalah menggunakan stocking khusus yang bisa membantu melancarkan peredaran darah di area kaki. Stocking khusus ini juga diklaim bisa mengurangi pembengkakan pada kaki, selain bisa mengurangi berbagai gangguan yang bikin tak nyaman antara lain kram dan pegal.

Dipa mengatakan pemakaian stocking khusus ini akan lebih efektif jika didahului dengan konsultasi bersama ahli. Dalam hal ini, Anda perlu bertemu dengan dokter spesialis bedah vaskuler Karena mereka lah yang menggerti tingkat kompresi dan ukuran yang sesuai dengan kondisi pengguna stocking khusus ini. Pasalnya, stocking harus memiliki tekanan yang bergradasi untuk memberi efek memompa darah ke jantung lebih cepat.

Kalau merasa membutuhkan stocking khusus ini, Dipa menyarankan, sebaiknya pilih bahan yang elastis dan nyaman. Harga stocking ini mulai Rp 500.000 yang memang lebih tinggi dibandingkan stocking pada umumnya.

Lantaran memiliki fungsi merawat kaki, stocking ini juga membutuhkan perawatan khusus. Anda harus memerhatikan cara mencuci, menjemur, membersihkan bagian tertentu pada stocking untuk mempertahankan fungsinya.

Berikut kiat merawat stocking khusus ini:
* Cuci dengan deterjen atau sabun cuci biasa tanpa bahan pelembut pakaian.
* Jangan menjemur dibawah sinar matahari secara langsung.
* Bersihkan silikon pada bagian atas stocking dengan Alkohol secara berkala untuk meningkatkan kelekatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com