Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2014, 12:31 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com — Sering terpapar sinar matahari membuat kulit rentan mengalami penuaan dini dan juga merangsang penyebaran sel kanker kulit.

Namun, bagi kaum hawa yang banyak beraktivitas di luar ruangan, mau tidak mau harus berani ambil risiko. Hidup di negara tropis seperti Indonesia, kemungkinan terpapar sinar matahari sangatlah besar. Bayangkan saja, mulai dari berangkat kerja pada pagi hari hingga kembali ke rumah, bahkan di dalam ruangan sekalipun, kita harus tetap waspada karena radiasi sinar ultraviolet (UV) mampu menembus kaca.

Sejumlah nasihat dan kajian mengenai perawatan keindahan kulit, pasti selalu ada pembahasan yang menyarankan untuk rajin mengaplikasikan tabir surya (sunscreen) dengan SPF minimal 15. Tujuannya agar kulit terlindungi dari radiasi sinar UV. Namun, dari sejumlah produk sunscreen yang beredar di pasaran, hanya sebagian kecil yang mengandung formula untuk menghalau radiasi sinar UVA dan UVB sekaligus.

Radiasi dari sinar UVA yang bercampur dengan polusi udara seperti debu, asap kendaraan bermotor, dan asap rokok dapat membuat kulit mudah kusam dan tampak lebih tua. Hal seperti ini jangan dianggap sepele. Pasalnya, seiring pertambahan usia, kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas semakin berkurang.

Kulit yang sering terekspos dengan polutan udara mudah kehilangan sel-sel oksigen, yang menyebabkan tekstur kulit wajah terlihat kotor, kusam, dan sama sekali tidak menarik. Kemudian, radiasi sinar UVA dapat menghambat produksi kolagen alamiah sehingga kadar elastisitas kulit menurun.

Alhasil, kerutan dan keriput timbul meskipun usia Anda cenderung masih muda. Untuk mengembalikan kondisi kulit wajah agar senantiasa sehat dan segar, Anda harus rajin membersihkan wajah dengan sabun yang mengandung karbon aktif. Pasalnya, karbon aktif dapat mengecilkan pori-pori yang tersumbat polutan, menyegarkan performa kulit wajah, dan tentu saja penampilan pun senantiasa menawan.

Semenjak zaman dahulu, karbon aktif memiliki daya serap kotoran/racun terbaik yang mampu mengikat logam berat, gas, dan substansi kimia berbahaya lain.

Maka dari itu, jangan keliru membersihkan wajah. Pastikan sabun yang Anda gunakan mengandung karbon aktif. Sebab, facial foam yang mengandung karbon aktif dapat mengangkat kotoran pada kulit wajah dengan menyeluruh. Selain itu, juga membuka pori-pori yang tersumbat sehingga wajah pun jadi terlihat lebih bersih dan memukau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com