Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Cahaya Biru Buat Nafsu Makan Makin Tinggi

Kompas.com - 12/06/2014, 15:41 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com — Tak cuma stres yang bikin Anda jadi lapar. Menurut penelitian terbaru, cahaya berwarna biru ternyata bisa memengaruhi nafsu makan seseorang.

Penelitian yang dilakukan di Northwestern University di Chicago, Illinois, mengatakan bahwa paparan cahaya biru sebelum dan selama waktu makan dapat memengaruhi daya santap seseorang. 

"Ternyata paparan cahaya mampu memanipulasi pola makan manusia dan daya kerja metabolisme tubuh," ujar salah satu penulis studi, Ivy Cheung.

Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian yang mempelajari 10 orang dewasa yang sehat dengan jadwal tidur yang cukup dan pola makan teratur. Selama dua hari berturut-turut, mereka diminta untuk melakukan aktivitas dalam pencahayaan ruangan yang redup.

Kemudian, pada hari ketiga, para peserta dibiarkan terekspos oleh paparan cahaya biru ketika melakukan aktivitas sehari-hari di rumah selama tiga jam, sebelum dan selama waktu makan.  Hasilnya, peserta mengaku merasakan lapar yang luar biasa ketika mereka terpapar cahaya biru, dibanding saat terpapar cahaya redup.

Alhasil, para peneliti pun merangkum bahwa warna biru atau cahaya biru mendongkrak nafsu makan hanya dalam waktu 15 menit. Parahnya, rasa lapar masih tetap bertahan selama dua jam, meskipun perut sudah terisi makanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com