Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balita Zaman Sekarang Lebih Jago Main Komputer daripada Naik Sepeda

Kompas.com - 22/06/2014, 18:20 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber babycentre

KOMPAS.com – Kemajuan peradaban dan inovasi di ranah teknologi yang bergulir cepat, menyebabkan banyak orangtua memilih menyediakan tablet, ponsel pintar, dan komputer, sebagai alat bermain. Alhasil permainan sederhana di waktu lalu, seperti sepeda, kelereng, boneka, dan sebagainya, semakin terpinggirkan.

Menurut survei yang dikutip Baby Center, balita zaman sekarang lebih cepat menguasai permainan di ponsel pintar dibandingkan mengikat tali sepatu sendiri. Padahal, kemampuan mengikat tali sepatu merupakan “sinyal” bahwa perkembangan syaraf motorik anak berkembang dengan baik, anak tumbuh mandiri ,dan memiliki keterampilan menghapal yang baik.

Namun, menurut survei yang dilakukan terhadap 6.017 orangtua dari berbagai negara, seperti Perancis, Inggris, Amerika Serikat, Spanyol, Australia, Brasil, Kanada, dan Jerman, yang menyatakan bahwa balita mereka yang masih berusia dua tahun, tidak terlalu mahir mengikat tali sepatu, tetapi cerdas memainkan gadget dibandingkan orangtua dan orang dewasa lainnya.

Selain itu, 89 persen orangtua mengakui bahwa anak mereka yang masih berusia 6-9 tahun sudah aktif “berselancar” di dunia maya, dan  65 persen dari mereka menghabiskan waktu, setidaknya dua jam dalam satu minggu untuk bermain internet.

Dibandingkan di Eropa, para balita di Amerika Serikat lebih sering menghabiskan waktu di dunia maya, yakni 10 jam setiap minggunya.

Survei yang dihelat oleh perusahaan keamanan internet dan komputer AVG ini, juga merilis temuan menarik lainnya. Beberapa di antaranya adalah 66 persen anak berusia 3-5 tahun lebih pintar bermain game di komputer, tapi hanya 58 persen yang bisa naik sepeda. Lalu, sebanyak 47 persen balita ditemukan pandai mengoperasikan ponsel pintar, tapi hanya 26 persen yang sudah mampu membuat sarapan sendiri seperti menyiapkan sereal atau roti lapis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com