Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melatih Kecerdasan Si Kecil Sambil Belanja di Supermarket

Kompas.com - 02/07/2014, 14:43 WIB
Wardah Fajri

Penulis

KOMPAS.com - Setiap anak, di dalam dirinya, memiliki potensi yang sama untuk bisa mengembangkan sembilan kecerdasan majemuk. Namun level kecerdasan anak akan berbeda satu dengan lainnya bergantung pola latihannya.

Bagaimana caranya melatih sembilan kecerdasan majemuk? Selama orangtua rajin membangun komunikasi, latihan kecerdasan majemuk sebenarnya bisa dilakukan secara sederhana sambil melakukan aktivitas sehari-hari.

Sebelum mencari tahu pola latihan yang tepat, kenali dulu apa itu kecerdasan majemuk. Menurut Resourceful Parenting Indonesia (RPI), kecerdasan majemuk yang dimaksud antara lain: Bahasa; Logika matematika; Interpersonal; Intrapersonal; Visual spasial; Spiritual; Musik; Fisik; Alam.

Fasilitator RPI, Inda Helen, mengatakan beberapa kecerdasan bisa dilatih dalam satu aktivitas sederhana. Meski begitu, orangtua perlu memastikan semua kecerdasan tersebut terlatih dengan baik.

"Tidak semua kecerdasan ini bisa dilatih dalam satu aktivitas. Namun satu aktivitas bisa melatih 4-5 kecerdasan," kata Inda di Jakarta.

Inda mencontohkan sedikitnya empat kecerdasan yang bisa dilatih saat mengajak anak berbelanja ke supermarket.

Saat ingin membeli barang, ada dua atau lebih pilihan produk, biasanya ibu akan membandingkan harga. Dengan melibatkan anak memilih barang tersebut, anak ikut belajar menghitung perbandingan harga. Di sinilah anak melatih kecerdasan matematikanya.

Sepanjang berbelanja, orangtua juga bisa berkomunikasi dengan anak mengenai apa yang ingin dibeli, mengapa membeli barang itu, untuk apa barang itu dibeli? Semua dialog yang terjadi merupakan sarana latihan kecerdasan bahasa.

"Anak pintar bahasa apa? Kalau Indonesia, maka ajak anak berbahasa Indonesia yang baik saat berdialog. Atau kalau bisa bahasa Inggris, bisa diajak berbahasa Inggris. Jadi enggak perlu les bahasa. Kalau pun ingin les harus lihat kebutuhan anak. Karena kalau tujuannya melatih kecerdasan berbahasa, lewat aktivitas seperti ini juga bisa asal orangtua mau meluangkan waktu," katanya.

Kecerdasan lain yang bisa dilatih saat berbelanja di supermarket dengan si kecil adalah interpersonal dan intrapersonal.

Kecerdasan interpersonal bisa dilatih dengan mendorong anak bertanya ke SPG mengenai barang yang ingin dibelinya. Anak belajar memberanikan diri berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Sedangkan kecerdasan intrapersonal bisa dilatih lewat pertanyaan yang orangtua ajukan kepada anak. Tumbuhkan rasa ingin tahu dalam diri anak sehingga ia akan berpikir dan bertanya kepada dirinya sendiri. Misalnya, saat membandingkan harga tadi. Orangtua bisa memancing rasa ingin tahunya dengan bertanya, kenapa ya harga merek A lebih mahal dari merek B? Apa sih bedanya?

Dengan pertanyaan ini, ajak anak menggali rasa ingin tahunya. Anak bisa membandingkan kedua benda tersebut. Atau anak didorong bertanya kepada SPG untuk mencari tahu mengapa satu merek lebih mahal dari merek lainnya.

Orangtua bisa mencari pola latihan yang nyaman untuknya dan anak. Ketika pola latihan ini terbangun menjadi kebiasaan, maka anak-anak terbantu mengembangkan kecerdasan majemuknya dengan cara sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com