Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/08/2014, 13:44 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Alpukat adalah salah satu buah yang segar dan kaya manfaat. Tak heran, semakin banyak orang yang berlomba-lomba berkreasi menciptakan sajian berbahan dasar alpukat. Selain nikmat, buah ini juga aman bagi yang tengah berdiet, karena mengandung lemak tak jenuh dan nabati. 

Namun, kendala yang dihadapi oleh banyak orang adalah alpukat cepat sekali teroksidasi dan membuat kualitas daging buah berubah warna jadi kecoklatan.

Biasanya, untuk mencegah perubahan warna ini, banyak orang mengatasinya dengan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Sayangnya, cara ini tak bertahan terlalu lama. Lalu apa yang harus dilakukan?

Menurut situs Women's Health, bawang merah bisa menjadi solusi efektif. Caranya, iris beberapa siung bawang merah. Lalu, tempatkan irisan bawang ke dalam wadah plastik. Kemudian, di wadah yang sama, masukkan potongan (1/2 bagian) alpukat yang masih berkulit, di atas irisan bawang, selanjutnya tutup rapat dan simpan dalam lemari es.

Langkah ini akan membantu menahan perubahan warna alpukat selama tiga hari. Sebab, irisan bawang merah akan mengeluarkan gas sulfur, yang sementara waktu bakal menghentikan proses oksidasi dari buah alpukat hingga warnanya pun tak beralih kecoklatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com