Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Bisa Hilangkan Aroma Pekat Kopi dari "Grinder"

Kompas.com - 10/08/2014, 09:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis


KOMPAS.com - Tahukah Anda kalau hampir semua peralatan rumahtangga memiliki manfaat ganda? Salah satunya adalah grinder atau alat pengalus biji kopi.

Selain bisa dipakai untuk menghaluskan kopi, mesin ini juga bisa bermanfaat untuk menghaluskan berbagai rempah dan roti kering menjadi tepung roti. Namun sayangnya, aroma kopi yang kuat akan mengacaukan rasa rempah dan juga tepung rotinya.

Lalu bagaimana cara yang efektif? Gunakan saja beras!

1. Ambil segenggam penuh beras, kemudian masukkan ke dalam grinder. Pastikan mata pisau grinder sudah tertutupi oleh beras.

2. Nyalakan grinder, dan biarkan sampai beras berubah menjadi tepung. Tepung beras ini akan membersihkan semua area grinder yang sulit dijangkau dengan tangan. Selain itu, tepung ini juga akan "mengikat" sisa aroma dan kopi bubuk yang masih menempel. Setelah itu, buang semua tepung sisa.

3. Setelah tepung sisa ini dibuang, bersihkan dengan menggunakan tisu atau kain lap. Bersihkan sampai ke area terbawah. Tisu akan membantu mengangkat sisa kotoran yang ada di dalamnya, cara ini juga membantu mencegah masuknya air ke dalam peralatan listriknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com