Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2014, 15:00 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Daily Mail


KOMPAS.com - Saus tomat, saus sambal botolan, kecap, sampai selai untuk olesan roti biasanya menjadi bahan-bahan pelengkap makanan yang wajib ada di atas meja makan. Umumnya, saus dan kecap, disimpan dengan diletakkan di atas meja dalam keadaan tertutup di atas. Sudah tepatkah cara yang demikian?

1. Saus tomat
Jika saus masih tertutup rapat dengan segel, tak masalah jika Anda ingin menyimpannya di lemari atau di atas meja makam. Namun, akan lain ceritanya kalau segel sudah terbuka dan sudah ada sebagian yang digunakan, cara terbaik untuk menyimpannya dalam lemari es. Saus msasih bisa digunakan sampai delapan minggu kemudian.

"Belakangan ini, sudah banyak pabrik bahan makanan yang lebih sadar akan kesehatan. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi tambahan bahan pengawet dan garam. Akibatnya, daya tahan saus pun jadi berkurang, bakteri mudah berkembang. Maka sebaiknya, simpan saus di dalam lemari es," kata Ahli Mikrobiologis, Peter Barratt.

2. Selai stroberi
Seperti yang kita ketahui, dalam panduan menyimpan yang tertulis pada botol selai, disarankan untuk menyimpannya dalam lemari es setelah segel dan tutup dibuka. Namun, Barratt mengatakan bahwa sebenarnya selai boleh saja disimpan di atas meja dalam suhu ruang (25 derajat Celsius). "Selai buah mengandung keasaman alami. Ini akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan sakit perut atau alergi," katanya.

Sekalipun dianggap bebas dari bakteri, namun keasaman tidak bisa menghambat pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, usahakan untuk menghabiskan selai antara 3-6 bulan agar jamur tak tumbuh. Jika lebih dari itu, simpan dalam lemari es. Lalu, pastikan juga untuk menggunakan pisau atau sendok yang bersih ketika mengambil selai dari dalam botol.

3. Kecap
Kecap biasanya mengandung pengawet, potassium sorbate yang akan mencegah pertumbuhan jamur. Kecap juga mengandung asam lactic yang menghentikan pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, kecap baik disimpan di lemari es atau di ruangan, sebenarnya tidak jadi masalah besar.

"Namun ketika kecap sudah dibuka, maka beberapa bakteri penyebab sakit perut bisa saja muncul. kalau ingin disimpan di lemari, waktu penyimpanan maksimal adalah tiga bulan saja. Jika ingin lebih lama, simpan di lemari es," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com