Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pesan Positif di Balik Poster Wanita tanpa Busana

Kompas.com - 22/09/2014, 11:50 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com –
Eksploitasi tubuh wanita yang kurus dan tipis, tak hanya meresahkan para orangtua yang memiliki anak perempuan remaja, tapi juga membuat gusar sejumlah para mahasiswi di University of Wyoming.

Lewat misi “To confront The Modern Perception of Beauty”, atau dalam bahasa Indonesianya  “Untuk melawan Persepsi Modern Terhadap Kecantikan”. Sebuah komunitas kampus bernama University of Wyoming’s Union pun melakukan protes dengan mengampanyekan program Real Women, Real Bodies.

Program tersebut mempromosikan peningkatan kepercayaan diri wanita terhadap tubuh natural mereka. Tujuannya agar wanita termotivasi untuk mensyukuri bentuk penampilan fisik mereka apa adanya. Selain itu, juga untuk meredam jumlah wanita yang melakukan diet ekstrim dan bedah kosmetik berisiko tinggi, yang jumlahnya terus meningkat.

COSMOPOLITAN UK Tiga gambar poster program Real Women Real Bodies yang dipamerkan oleh University of Wyoming

Visi dan misi tersebut pun dikemas dalam 10 foto berukuran poster yang mengandung pesan positif.  Wanita yang menjadi model berpose tanpa busana untuk menunjukkan ketidaksempurnaan tubuhnya yang sempurna.

Seluruh poster ini dipamerkan dalam galeri kampus Wyoming, agar seluruh mahasiswi menyadari bahwa tak ada tubuh yang ideal dan sempurna. Sebab, semua wanita terlahir dengan serangkaian kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com