Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2014, 15:28 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber makeup.com

KOMPAS.com — Wabah tren selfie tak hanya berkembang pada generasi muda, tetapi sudah menjadi tren wajib di setiap kalangan usia. Jika dulu untuk memotret diri sendiri mesti minta bantuan orang lain, maka sekarang, dengan perkembangan teknologi fitur kamera di sejumlah jenis gadget, aktivitas ini terasa semakin mudah dan aplikatif.

Selain penampilan yang baik dan trendi, untuk melakukan selfie memerlukan beberapa hal pendukung lain agar hasilnya maksimal dan tentunya mendapatkan banyak pujian dari teman-teman Anda di media sosial.

Berikut ini 8 tip melakukan selfie untuk para wanita mawas gaya dan hobi memotret diri sendiri:

Tujuan

Tak sedikit tren selfie mengganggu banyak pihak, setelah maraknya hasil selfie tanpa tujuan beredar di dunia maya. Perlu Anda ketahui bahwa selfie terbaik adalah yang mengandung informasi baru dan menarik untuk orang lain. Beberapa di antaranya adalah mengenai gaya rambut terbaru Anda, destinasi liburan eksotis, warna lipstik teranyar, atau peristiwa terkini lainnya. Jadi, hindarilah memotret diri sendiri dengan kesan bahwa Anda merasa cantik dan seksi. Sebab, hal yang demikian hanya akan membuat orang-orang muak.

Cahaya
Faktor pencahayaan adalah faktor nomor satu pendukung foto selfie yang baik. Pencahayaan paling sempurna adalah cahaya alami dari sinar matahari.

Sudut terbaik
Hindari menggenggam ponsel dalam posisi yang terlalu jauh. Ciptakan sudut pengambilan foto yang alamiah. Bila perlu, manfaatkan tongsis (tongkat narsis). Untuk efek yang membuat wajah terlihat lebih kurus, tempatkan kamera sedikit lebih tinggi dari wajah Anda, tetapi jangan terlampau tinggi. Sebab, bisa mengesankan Anda terlalu berusaha agar terlihat langsing dan ramping.

Pose

Pose selfie terbaik untuk setiap wajah adalah dengan memiringkan kepala dan membentuk sudut 3/4. Hal ini akan memberikan efek kurus dan simetris pada wajah.

Akali dagu berganda
Dagu berganda membuat Anda terlihat gemuk. Untuk menghindari hal ini, panjangkan leher, dan tarik bahu ke belakang saat sedang selfie. Serta hindari sudut pengambilan foto dari bawah dagu.

Hentikan pose duck face
Tahukah Anda, ada suatu penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang berpose duck face cenderung memiliki kelainan mental? Alih-alih berpose demikian, pasanglah senyum manis dan cantik Anda tanpa harus memajukan bibir.

Nilai seni
Carilah lokasi atau latar selfie yang menarik. Anda bisa mengatur lokasi foto di depan interior kafe yang artistik dan unik di tengah pertunjukan konser, dan jika memungkinkan, berposelah di suatu tempat yang monumental. Hasil selfie yang didukung dengan latar menarik akan memberikan nilai lebih dan tujuan untuk membuat teman-teman kagum pun lekas tercapai.

Perhatikan rias wajah

Memang benar, sekarang telah banyak bermunculan aplikasi kamera yang menghasilkan foto terbaik, di mana wajah Anda bak porselen yang mulus tanpa noda. Namun, aplikasi tercanggih pun tidak bakal dapat “menyulap” wajah yang kusam dan pucat jadi terlihat seperti Scarlet Johansson.

Maka dari itu, pulaskan rias wajah tipis dan tidak berlebihan. Coba untuk fokus pada bentuk alis. Sebab, alis merupakan bingkai wajah yang menyempurnakan keseluruhan penampilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber makeup.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com