Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2014, 19:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber LiveStrong

KOMPAS.com – Salah satu tantangan merawat dan mengasuh anak balita adalah saat mereka berada pada fase sulit makan. Kondisi ini jika dibiarkan, tentunya bisa membuat anak kurang gizi dan mengganggu masa tumbuh kembang mereka.

Lalu, sebagai orangtua yang baik, kiat tepat seperti apa yang dapat membangkitka selera makan anak, terutama untuk mengonsumsi makanan sehat? Berikut uraiannya.

1.Tawarkan anak makanan favoritnya
Menangani anak yang sedang sulit makan bisa diakali dengan menyiasati makanan favoritnya dengan “menyembunyikan” makanan sehat. Maksudnya, jika anak hobi makan sosis atau chicken nugget, coba Anda buat makanan instan sendiri dengan olahan yang lebih sehat dan bergizi.

2. Atur waktu makan anak
Mengatur waktu makan anak berguna untuk membiasakan tubuh mereka membutuhkan pada jam tersebut. Alhasil, rasa lapar yang menyerang membuat mereka bakal melahap apapun yang Anda hidangkan.  

3. Buat waktu makan menjadi menyenangkan
Makan bersama keluarga dengan pembicaraan yang menyenangkan bisa jadi membuat Anak menunggu-nunggu waktu makan. The University of Nevada menyarankan untuk memutarkan musik kesukaan anak ketika ia makan, untuk meningkatkan kebahagiaan dan memicu nafsu makan.

4. Ajak anak bereksperimen dengan makanan
Cobalah mengajak anak Anda untuk ikut dalam mengolah atau mempersiapkan makanannya. Hal ini bisa membuat dia lebih bersemangat untuk mencoba hasil makanannya.

5. Pilih suplemen pendamping terbaik
Tahukah Anda bahwa suplemen penambah nafsu makan anak yang paling baik adalah yang kaya kandungan vitamin A, D, dan E. Sebab, ketiga vitamin tersebut dapat diserap secara sempurna oleh organ pencernaan si kecil. Selain itu, pastikan juga suplemen pilihan ini tidak mengandung bahan pewarna buatan, bebas alkohol, dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

6. Dorong anak untuk melakukan aktivitas fisik
The Mayo Clinic menyebutkan bahwa aktivitas fisik dapat mendorong napsu makan anak menjadi lebih besar, karena rasa lapar dan lelah yang dihasilkan. Berenang, bermain bola basket, atau bersepeda dapat menjadi aktivitas pilihan yang tepat untuk anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com