Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2014, 16:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis



KOMPAS.com – Gaya sepatu pada tahun 2014 mengalami berbagai inovasi dan perkembangan menjadi koleksi teranyar dan mencetak tren di ranah mode dunia. Berikut 10 gaya sepatu yang sempat berjaya menjadi sepatu wajib punya untuk wanita.

1. Ankle Strap Heels
Anda pasti mengenal sepatu ini, yakni sepatu hak tinggi berbentuk sandal. Seperti namanya, sepatu ini dilengkapi dengan sebuah tali di bagian dekat jari kaki dan pergelangan kaki. Beberapa perancang dan label ritel kenamaan dunia pun menghadirkan jenis sepatu ini dalam koleksinya, sebut saja Lanvin, Christian Louboutin, MiuMiu, Giambattista Valli, Tod's, Diane Von Furstenberg, Steve Madden, dan Chloe. Para selebriti yang gemar mengenakan sepatu ankle strap heels tercatat mulai dari Kim Kardashian, Rihanna, dan Jennifer Aniston.

2. Wedges dan Platform
Sepatu wedges dan platform memang sudah lama dikenal. Namun, di tahun 2014 kedua jenis sepatu ini hadir dengan bentuk yang variatif, misalnya hak bergerigi besar, bentuk wedges yang rata. Kedua jenis sepatu ini hadir sebagai bagian dari tren musim semi dan musim panas. Selain itu, sepatu wedges dan platforms pada tahun 2014 hadir dalam beragam warna. Beberapa perancang dan merek dunia yang menghadirkan sepatu ini antara lain Moschino, Gucci, Vivienne Tam, dan Stella McCartney.

3. Mule Shoes
Sepatu ini pun turut meramaikan tren fashion sepatu di tahun 2014. Sepatu mule terbuat dari kulit kuda, berhak tinggi, namun terbuka di bagian tumit. Beberapa selebriti sangat menggemari sepatu ini, mulai dari Gwyneth Paltrow, Rihanna, Olivia Palermo, hingga Lily Collins. Beberapa perancang dan merek fashion kenamaan yang menghadirkan sepatu ini antara lainTibi, Stella McCartney, Alexander Wang, Gianvito Rossi, dan Chloe.

4. Valentino "Rockstud"
Sederet selebriti dunia, supermodel, hingga para pecinta mode sempat menggemari sepatu ini di sepanjang tahun 2014. Kris Jenner, Vanessa Hudgens, Olivia Palermo, Sofia Vergara, dan Alexa Chung adalah beberapa selebriti yang sering terlihat mengenakannya. Sepatu "Rockstud" rancangan perancang kenamaan dunia, Valentino, sangat mudah dikenali karena memiliki desain yang khas. Sepatu dengan hak runcing yang relatif rendah ini dihiasi dengan "stud" atau kancing khas layaknya aksesoris bergaya rock.

5. Metallic Shoes
Sepatu dan sandal berwarna metalik sempat meramaikan pentas peragaan busana tren musim semi 2014. Jenis sepatu ini pun digemari para pecinta fashion sepanjang tahun 2014. Sandal dan sepatu berwarna metalik biasanya hadir dalam warna perak dan emas dengan desain yang sederhana. Marc Jacobs, Missoni, Chloe, Roberto Cavalli, dan Gabriele Colangelo adalah sederet perancang kenamaan dunia yang menghadirkan sepatu jenis ini dalam koleksinya.

6. White Strap Heels
Sepatu hak tinggi ini pada dasarnya memiliki desain yang sama seperti ankle strap heels yang telah disebutkan sebelumnya. Sepatu berwarna putih ini cukup banyak dijadikan sebagai bagian dari koleksi beberapa perancang busana kenamaan dunia, seperti Michael Kors, Versace, Phillip Lim, dan sebagainya. Lantai peragaan busana koleksi musim semi 2014 diramaikan dengan ragam sepatu ini, mulai dari yang berhak rendah, sandal, hingga sepatu hak tinggi.

7. Multi-coloured Shoes
Tahun 2014 juga dihiasi dengan tren sepatu beragam warna alias multi-coloured shoes. Baik sepatu hak tinggi maupun flats hadir dalam beragam warna cerah, baik satu warna dan ragam corak warna.  Beberapa perancang busana menghadirkan jenis sepatu ini dalam koleksi musim seminya, seperti Versace, Givenchy, Kenzo, Christian Dior, dan Carven.

8. Buckle Shoes
Sepatu yang dilengkapi dengan pengikat seperti pada ikat pinggang atau buckle pun hadir sebagai salah satu tren fashion untuk sepatu di tahun 2014. Baik sepatu flats, sepatu berhak tinggi, boot, hingga sandal dihiasi dengan buckle. Perancang busana kenamaan seperti Carven, Valentino, Christopher Kane, dan Alexander McQueen menghadirkan sepatu ini dalam koleksinya. Sepanjang tahun 2014, sejumlah selebriti seperti Alexa Chung dan Beyonce Knowles sering terlihat mengenakannya.

9. Crystal Shoes
Sepatu jenis ini bukan terbuat dari kristal, namun hampir seluruh bagian sepatunya dihiasi dengan kristal-kristal berukuran kecil, baik terdiri atas satu warna maupun beragam warna. Perancang sepatu kenamaan dunia Christian Louboutin dan Charlotte Olympia menghadirkan sepatu hak tinggi penuh kristal ke dalam koleksinya pada tahun 2014.

10. Sneaker Shoes
Tahun 2014 tampaknya adalah tahunnya sepatu sneaker atau sepatu olahraga. Beragam jenis sepatu olahraga dengan beragam warna dikenakan oleh para wanita dengan penuh percaya diri. Sebut saja Nike Airmax, Reebok, New Balance, dan Adidas merupakan beberapa merek sepatu olahraga yang paling banyak dikenakan sepanjang tahun 2014. Namun, sepatu olahrahga berwarna neon memiliki penggemarnya sendiri di tahun 2014. Anda pun setidaknya memiliki sepasang sepatu ini di dalam koleksi Anda bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com