Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlatih Musik Klasik Buat Anak-anak Lebih Mudah Berkonsentrasi

Kompas.com - 14/01/2015, 08:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com — Jika mendengarkan musik klasik pada bayi dalam kandungan dipercaya dapat menstimulasi otak janin agar lebih cerdas, maka anak-anak yang hobi berlatih alat musik klasik, seperti biola dan piano, bisa membuat mereka lebih fokus dan mudah berkonsentrasi.

Menurut riset yang disimpulkan oleh Vermont College of Medicine University bahwa pelatihan musikal pada anak membantu mereka untuk lebih mudah dalam berkonsentrasi, entah pada mata pelajaran atau aktivitas akademis lainnya.

Manfaat lainnya yang patut dipertimbangkan adalah anak yang rutin berlatih biola dan piano memiliki emosi yang stabil dan tidak mudah cemas atau panik.

Riset yang dipandang sebagai investigasi besar ini menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) berbasis data analisis pemindaian otak dari 232 anak yang berusia enam hingga 18 tahun. Hasil riset lainnya adalah seiring bertambahnya usia anak, maka korteks (lapisan terluar otak) mengalami perubahan menjadi lebih tebal.

Menurut James Hudziak, MD, seorang profesor psikiatri dan direktur pusat Vermont, mengatakan bahwa kortisol otak yang tipis mengindikasikan rasa cemas berlebihan, depresi, dan memiliki kesulitan untuk fokus.

Hudziak dan para anggota tim menemukan bahwa musik yang dimainkan bisa mengubah area motorik otak karena aktivitas ini membutuhkan kontrol dan koordinasi gerakan. Selain itu, area korteks anak yang bermain musik terlihat lebih tebal ketimbang yang tidak bisa bermain musik.

“Data ini diambil dari hasil neurimaging. Ini secara langsung menegaskan bahwa inovasi dalam pelajaran musik perlu ditingkatkan karena kaya manfaat bagi anak-anak,” tutur Hudziak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com