Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekam Jejak Didi Budiardjo di Industri Mode Indonesia

Kompas.com - 16/01/2015, 11:21 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Kamis malam, tanggal 15 Januari 2015, pameran “Pilgrimage” yang merupakan rekam jejak Didi Budiardjo di dunia mode Indonesia selama 25 tahun, resmi digelar. Istri Gubernur DKI Jakarta, Ibu Veronica Tan Tjahaja Purnama mendapat kehormatan untuk membuka acara yang berlangsung di halaman depan Museum Tekstil, Jakarta.

Sang desainer, Didi Buiardjo yang pada malam acara berlangsung merasa bangga dan senang akan pencapaiannya selama ini. "Setiap karya yang dipamerkan, selalu membawa cerita tersendiri, Semoga cerita yang saya sajikan berikut, dapat terekam ke dalam kotak memori Anda," pesannya kepada pengunjung yang dating.

Pameran 25 tahun pengembaraannya di dunia mode Indonesia, diatur secara apik oleh pengarah seni Felix Tjahyadi hingga membuat pengunjung yang hadir malam itu berdecak kagum.

Museum Tektil yang sebelumnya berkesan suram, mampu “disulap” menjadi 14 ruang pamer yang menarik dalam berbagai tema koleksi rancangan Didi Budiardjo. Ada The Atelier, yang menggambarkan ruang kerja Didi, kemudian The Reflection, yang merupakan koleksi awal karir Didi, serta kisah perjalan Didi di dunia mode Indonesia, dan The White Forest, ruangan bernuansa putih bersih yang menampilkan busana serba putih juga.

Ruangan lain yang tak kalah menarik adalah ruang Gula Kelapa. Ruangan yang didedikasikan untuk hasil karya Didi dalam desain kebaya dan batik ini, sungguh menarik. The Eastern, yang menjadi ruangan koleksi oriental dan The Gleaming Lights, yang memuat koleksi baju menyala karya Didi juga hadir dengan interior pendukung memukau. Ruangan lain yang juga bisa dikunjungi dalam pameran ini adalah The Embroidery, The Moonless,The Birds, The Day Before dan The Gazing Room, dimana setiap sudut ruangan menampilkan berbagai macam karya yang fenomenal.

Lewat pemeran ini, pengunjung serasa mengenal sang desainer jauh lebih dalam lewat koleksi busananya yang penuh detail dan berkesan romantis. Didi Budiardjo juga tercatat sebagai desainer pertama yang mengadakan pameran perjalan karyanya di dunia mode. Pameran berlangsung mulai tanggal 16 hingga 25 Januari 2015, tanpa pungutan biaya apapun. Jika Anda meluangkan waktu untuk bertandang, Anda akan menemukan berbagai macam ruang pameran yang tak pernah ditemukan sebelumnya dengan 300 benda koleksi di dalamnya, serta 70 karya busana dalam berbagai tema. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com