Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Ibu Disarankan untuk Bersihkan Botol Susu Bayi dengan Air Mengalir

Kompas.com - 16/01/2015, 14:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com — Botol susu bayi sangat penting selalu berada dalam kondisi steril. Jika tidak dibersihkan dengan benar, dapat menjadi sarang bakteri dan membahayakan kesehatan anak. Berikut beberapa cara yang harus diperhatikan saat membersihkan botol susu bayi:

1. Gunakan sabun cair
Jangan pernah menggunakan sabun colek atau deterjen untuk mencuci botol bayi karena sabun colek dan deterjen mengandung zat berbahaya bagi kesehatan bayi. Sebaiknya gunakan sabun pencuci khusus peralatan bayi yang banyak beredar di pasaran. Memang benar harganya sedikit lebih mahal, tetapi keamanan bagi si kecil tetap terjaga.

2. Air mengalir
Setelah membersihkan dengan sabun cuci cair, bilas botol dengan air mengalir. Air mengalir lebih baik karena lebih bersih ketimbang air yang ditampung. Yakinlah tak ada sisa sabun yang menempel pada botol bayi.

3. Sterilisasi
Cara termudah mensterilkan botol bayi adalah dengan menghangatkannya dalam air yang tengah direbus. Isilah panci dengan air sampai mendidih, kemudian kecilkan api kompor. Lalu masukkan semua botol dan tutupi panci tersebut agar uap tetap terjaga. Biarkan mendidih sebentar, kemudian matikan kompor. Diamkan selama 20 menit.

4. Keringkan secara alami
Mengeringkan botol dengan didiamkan dan kering secara alami adalah cara terbaik. Namun, jika Anda membutuhkan botol tersebut, pastikan kain atau tisu yang Anda gunakan untuk mengelap dalam keadaan steril dan tak berbahaya bagi bayi.


Bagi para ibu, sangat disarankan untuk mensterilkan botol bayi sehari dua kali. Maka dari itu, penting untuk memiliki botol susu bayi lebih dari satu sebagai cadangan. Jika ingin cara lebih mudah, saat ini sudah ada alat untuk mensterilkan botol susu bayi lewat pemanas listrik, tetapi tentunya alat ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com