Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah Ibu, Tak Ada Salahnya Ajarkan Anak Menabung di Bank

Kompas.com - 01/03/2015, 17:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Memang benar bahwa tingkat pemahaman anak terhadap hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, masih terbilang sederhana. Namun, bukan berarti orangtua menunda memberikan pengertian soal mengatur keuangan pada sang buah hati. Kuncinya adalah mengajarkan konsep menabung sedini mungkin dan berikan contoh nyata.

Mengajarkan konsep menabung pada anak sebenarnya mudah saja. Saat anak memasuki usia Taman Kanak-Kanak (TK), orangtua bisa membelikan celengan yang lucu dan menarik bagi anak. Kemudian, ajarkan pada anak tentang konsep sederhana mengenai menabung dan manfaat yang dapat dipetik di waktu mendatang.

Nah, bila anak sudah memasuki usia sekolah dasar, Anda dapat pula mengajarkan anak untuk menabung di bank. Sebab, saat ini sudah banyak bank di Tanah Air yang menyediakan produk tabungan khusus untuk anak-anak yang dapat dimanfaatkan oleh orangtua dalam proses mengajarkan cara menyimpan uang secara bijak. Selanjutnya, orangtua berikan pengertian pada anak bahwa menabung di bank lebih aman ketimbang di rumah dengan menggunakan celengan.

"Tantangan kami sebenarnya adalah bagimana kita ajari habit menabung untuk anak-anak," ujar Budiman Tanjung, Head of Preferred Private & Wealth Management PT Bank CIMB Niaga Tbk kepada KompasFemale di Gandaria City, beberapa waktu lalu.

Perseroan, ungkap Budiman, memiliki produk tabungan khusus untuk anak-anak yang dikenal dengan nama CIMB Junior. Sejauh ini, hingga akhir tahun 2014, nasabah CIMB Junior tercatat sebanyak 450.000 rekening. Perseroan menargetkan pertumbuhan jumlah nasabah baru CIMB Junior sebanyak 25 persen hingga akhir tahun 2015.

Untuk menarik nasabah anak-anak ini, Budiman mengaku pihaknya memberikan beragam penawaran menarik. Para nasabah dimanjakan dengan pertunjukan untuk anak-anak, menonton film anak-anak kemudian mereka dapat memperoleh merchandise menarik, dan sebagainya.

"Di beberapa lokasi, cabang kami buka Sabtu dan Minggu. Kita sediakan tangga kecil di depan teller, sehingga mereka bisa secara langsung menyetorkan uang ke teller. Kita juga kerjasama dengan sekolah-sekolah," sebut Budiman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com