Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/03/2015, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Air susu ibu atau ASI dikabarkan bermanfaat bagi pembentukan otot-otot tubuh. Ternyata, ASI pun dapat digunakan untuk facial wajah. Sebuah salon kecantikan di Chicago, Amerika Serikat, menyajikan berbagai macam perawatan wajah, termasuk facial dengan menggunakan ASI. 

Mud, nama salon dan spa yang berlokasi di River North tersebut, membanderol semua jenis facial yang mereka sajikan dengan harga 40 dollar AS atau setara sekitar Rp 520.000. Harga yang sama juga berlaku untuk facial dengan ASI. "Banyak blog yang ditulis para ibu membicarakan tentang penggunaan ASI guna membantu kondisi kulit," ujar Shama Patel, pemilik Mud. 

Patel membeli ASI dari para ibu lokal yang terdaftar secara resmi di bank ASI setempat. Para penyalur ASI tersebut dimonitor secara medis dan diberitahukan bahwa ASI yang mereka salurkan akan digunakan di salon dan spa. "Saya ingin hadir dengan sesuatu yang cepat, efektif, dan menarik bagi para wanita muda urban," sebut Patel. 

Namun, pertanyaannya, benarkah ASI dapat betul-betul membuat kulit Anda halus? Menurut Elina Fedotova, pendiri Assocation of Holistic Skin Care Practitioners atau Asosiasi Praktisi Perawatan Kulit Holistik, pada dasarnya ASI hadir untuk melindungi bayi dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh bayi.

"Oleh karena itu, ASI mengandung berbagai zat yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. ASI juga dipercaya dan dikenal mengurangi jerawat dan menghaluskan kulit," tutur Fedotova. 

Lalu, apakah benar para binaragawan yang meminum ASI dapat memperoleh bentuk tubuh dan otot yang lebih bagus? Menurut pakar diet Lara Field, ASI kaya akan lemak dan nutrisi baik yang sangat membantu pertumbuhan bayi. "Namun, tidak ada data ilmiah yang mengatakan bahwa ASI merupakan unsur nutrisi penting bagi para binaragawan secara umum," ujar Field. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com