Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Beberapa wanita ingin mengubah warna matanya untuk mempercantik penampilan. Oleh sebab itu, lensa kontak yang menampilkan warna iris yang berbeda dari warna asli banyak diburu. Namun kini, sebuah perusahaan bernama Stroma Medical menggunakan teknologi laser untuk mengubah warna mata. 

"Prinsip fundamentalnya adalah di bawah setiap mata cokelat adalah mata biru. Perbedaan antara mata cokelat dengan mata biru hanya lapisan pigmen yang sangat tipis di permukaan," ujar Gregg Homer, salah seorang dokter yang menguji teknologi laser tersebut. 

Homer menjelaskan, untuk mengubah warna iris mata cukup dilakukan dengan mengangkat pigmen tipis tersebut. Kemudian, cahaya laser akan masuk ke bagian stroma dan ketika cahaya terpecah, maka akan terlihat lapisan akhir spektrum berwarna biru. 

Menurut situs resmi perusahaan yang berpusat di California, Amerika Serikat tersebut, prosedur mengubah warna mata ini hanya memakan waktu selama 20 detik. Kemudian, dalam waktu empat minggu, maka warna iris mata akan berubah seutuhnya. Nah, apakah prosedur semacam ini aman bagi kesehatan? 

Menurut Dr David Alessi, seorang dermatolog, prosedur yang dilakukan oleh Stroma ini merupakan cara inovatif untuk menghilangkan pigmen cokelat pada mata cokelat yang kemudian mengubahnya menjadi biru. Namun, belum ada penelitian yang memadai untuk mengetahui efek jangka panjang prosedur dengan laser itu.

"Ketika prosedur ini telah diuji FDA (Lembaga Pengawas Obat Amerika), maka isu keamanan dapat diberikan jawaban. Perawatan ini memang menguarkan risiko seperti glukoma dan katarak," ungkap Dr Alessi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com