Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memberi Hadiah Dapat Membuat Anda dan Pasangan Tambah Mesra

Kompas.com - 13/04/2015, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Menunjukkan rasa cinta dan perhatian kepada pasangan memang perlu guna menjaga keharmonisan hubungan. Tidak hanya perhatian dan kemesraan, memberikan hadiah kepada pasangan ternyata mampu membuat hubungan Anda dan pasangan semakin mesra.

Menurut psikolog kepribadian Jeremy Nicholson MSW PhD, memberikan hadiah kepada pasangan adalah sebuah bentuk ekspresi emosional dalam hubungan percintaan yang semakin penting. Memberi hadiah juga dapat membantu Anda dan pasangan dalam menjaga hubungan dan meningkatkan kepercayaan.

"Pria juga menggunakan hadiah sebagai cara untuk meningkatkan gairah seksual dalam hubungan melalui saling timbal balik, khususnya pada tahap awal hubungan. Jadi, motivasi memberi dan menerima hadiah bergantung pada interaksi seksual dan tingkatan hubungan," jelas Nicholson.

Nah, kapan sih biasanya Anda dan pasangan dapat saling memberi hadiah? Nicholson mengatakan, pada tahap awal menjalin hubungan, sebaiknya hadiah yang diberikan cenderung tidak terlalu mahal, bersifat saling timbal balik, dan mencerminkan perhatian kepada pasangan.

"Memberi hadiah mahal dapat membuat pasangan merasa cemas, timbul rasa wajib memberi hadiah, atau malah merasa termanipulasi," ungkap Nicholson.

Jika hubungan yang dijalin sudah dapat dikatakan stabil, memberi hadiah menjadi sebuah tindakan yang emosional dan simbolis. Hadiah biasanya digunakan untuk menunjukkan apresiasi dan kebahagian terhadap pasangan.

"Akan tetapi, hadiah yang Anda berikan akan meningkatkan kemesraan hubungan hanya jika pasangan merasa bahagia dan menghargai 'investasi' yang Anda berikan padanya," tambah Nicholson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com