Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Putri Arab Saudi Habiskan Rp 259 Miliar dalam Sehari untuk Belanja

Kompas.com - 13/04/2015, 13:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com 
— Belanja koleksi fashion terkini bernilai fantastis, menginap di hotel bintang lima dengan pelayanan nomor satu, dan liburan keliling dunia. Ah… betapa hidup bak di surga dunia. Setidaknya demikianlah aktivitas sehari-hari seorang putri Arab Saudi bernama Maha binti Mohammed bin Ahmad al-Sudairi.

Seperti yang dibeberkan di majalah Vanity Fair, pada tahun 2009 Putri Maha menghabiskan lebih dari 20 juta dollar AS atau setara dengan Rp 259 miliar untuk berbelanja di sejumlah butik mode di Paris, hanya dalam satu hari.

Hebatnya, saat sedang berbelanja, Putri Maha tidak membayarnya dengan tunai atau kartu kredit, tetapi dengan nota tagihan.

Jadi, apabila Anda adalah seseorang yang kaya raya dan pencinta mode, sebagian besar butik fashion papan atas telah percaya pada reputasi Anda sehingga Anda boleh meninggalkan nota tagihan yang akan dibayarkan sesuai perjanjian. Menyenangkan? Sangat!

Namun, apakah sang putri benar membayarkan tagihan dengan angka luar biasa tersebut? Dibayar, tetapi tidak lancar. Sebab, menurut laporan, setidaknya 30 butik mengantre di lobi hotel tempat Putri Maha menginap untuk memintanya segera melunasi utang-utang tersebut.

Ternyata, beberapa di antaranya bahkan sampai harus mengadukan soal utang Putri Maha ke pengadilan wilayah setempat. Pada akhirnya, utang-utang itu memang dilunasi, tetapi membutuhkan perjuangan dan rentang waktu yang tidak sebentar.

VANITY FAIR Putri Maha mengisahkan dirinya belanja mewah tanpa bayar, hanya meninggalkan nota tagihan.

Masalah dan konflik keuangan Putri Maha tidak berhenti pada kasus belanja tahun 2009 tersebut. Sebab, pada tahun 2012, Putri Maha dilaporkan mencoba melarikan diri dari tagihan sebesar 7 juta dollar AS atau lebih kurang Rp 91 miliar yang dilayangkan oleh Hotel Shangri-La.

Tagihan tersebut mesti dilunasi oleh Putri Maha lantaran dirinya menginap di Hotel Shangri-La selama lima bulan dan menyewa 41 kamar.

Seperti dikutip Vanity Fair, utang itu akhirnya dilunasi oleh Kedutaan Besar Arab Saudi. Kabarnya, sepupu sang putri, Pangeran Alwaleed bin Talal, pemilik jaringan hotel V, juga turut membantunya membebaskan diri dari lilitan utang yang menyusahkan tetapi tak kunjung membuat Putri Maha jera.

Gaya berbisnis sejumlah butik dan hotel mewah terhadap pelanggan yang berasal dari keluarga kaya raya ternyata sangat berbeda. Mereka memiliki prinsip bahwa jika utang telah dibayar, mereka memilih bungkam dan tidak memanjangkan persoalan sehingga menjadi sebuah skandal yang memalukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com