Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cari Tahu Kondisi Keuangan Pasangan tanpa Menyinggung Perasaan

Kompas.com - 15/04/2015, 14:51 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber elle.com


KOMPAS.com –
Selain berbagi kasih sayang, salah satu hal lain yang acap kali dilakukan pasangan adalah membicarakan masalah pribadi, kantor, atau keluarga.

Sebab, mendengarkan saran serta masukan dari seseorang yang Anda sayang, tentu memberikan rasa tenang sendiri, bukan? Namun, ada satu topik yang paling dihindari banyak pasangan, yaitu masalah keuangan.

Sebenarnya, meski Anda malas dan kurang nyaman membahas soal finansial pada pasangan, tetapi pembahasan soal seputar keuangan sebelum menikah sangat penting.

Penasehat keuangan bernama Ginger Dean, mengatakan biasanya ada beberapa pertanyaan yang mengganjal dari pihak perempuan, terhadap kondisi keuangan pasangan. Dean mencoba menjawab beberapa pertanyaan perempuan lajang yang paling sering dipertanyakan padanya seputar keuangan pasangan. Berikut uraiannya:


1. Apakah kekasihku dan aku memiliki kesamaan dalam soal finansial?
Dean menjawab: Tidak selalu. Jika Anda adalah individu yang bertanggung jawab soal keuangan, maka itu akan menguntungkan Anda untuk menemukan pasangan dengan tanggung jawab keuangan yang sama. Sebab, Anda telah bekerja keras untuk keuangan Anda sendiri.

Sebaliknya, jika Anda adalah orang yang memiliki masalah dalam kebiasaan mengelola keuangan, bukan berarti Anda orang yang tak mampu. Dengan pikiran yang terbuka dan rasa hormat satu sama lain, orang yang pintar menabung dapat membantu si boros untuk mengatur keuangannya.

2. Bagaimana aku mengetahui bahwa kekasihku cukup bertanggung jawab soal keuangan?
Dean menjawab: Anda perlu melihat dua tanda, yakni stabilitas dan ketidakstabilan pasangan. Cobalah lihat berapa lama dia telah bekerja untuk pekerjaanya yang sekarang. Apakah ada kenalan serupa dengan pekerjaan yang sama dengan kekasih?  Sebab, Anda bisa mengestimasi penghasilan si dia.

Apakah mereka bicara soal tujuan finansial jangka panjang? Apakah mereka selalu memiliki sepatu, baju, mobil, atau barang-barang baru? Siapa teman terdekatnya, dan bagaimana gaya hidupnya? Apakah pasangan sangat suka bergaul atau lebih senang dirumah?

3. Kapan harus berbicara langsung mengenai keuangan?
Dean menjawab: ketika hubungan mulai menjadi lebih serius, waktunya untuk bertanya hal-hal seperti, siapa yang nanti akan membayar pengeluaran? Apakah akun bank akan di gabung atau dipisah? Apakah Anda berdua akan membeli rumah? Kapan ingin memiliki anak? Bagaimana perencanaan uang pensiun?

Pembicaraan tersebut memang jauh dari romantis, tapi menurut Dean, penikahan yang sukses sebenarnya mirip dengan bisnis yang lancar. Jadi, tak ada salahnya membicarakan persoalan finansial pada pasangan Anda pada saat yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber elle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com