Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita dengan "Down Syndrome" Ingin Ubah Standar Cantik Dunia Mode

Kompas.com - 20/05/2015, 07:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com — Awal tahun ini, Jamie Brewer, seorang aktris dengan down syndrome, untuk kali pertama berjalan di pentas peraga pergelaran Pekan Mode New York.

Ternyata, hal tersebut banyak menginspirasi para wanita down syndrome lainnya untuk melakukan aksi serupa, termasuk Madleine Stuart.

Stuart yang baru berusia 18 tahun mengaku terinspirasi dengan rasa percaya diri Brewer.

Apa yang dilakukan oleh Brewer dan Stuart ini tidaklah mudah. Pasalnya, seperti kita ketahui, kompetisi menjadi model diramaikan para wanita dengan penampilan fisik memikat.

Madleine Stuart berharap bahwa dengan aktif di dunia model, dia dapat mengubah pandangan semua orang.

Ibu Stuart, Rossane, mengatakan, "Aku rasa sekarang saatnya bagi orang-orang untuk menyadari bahwa orang-orang dengan down syndrome dapat menjadi seksi dan cantik. Hal ini patut dirayakan," ujarnya.

"Semua hal berubah tiap hari, dan orang-orang saat ini lebih dapat menerima apa yang belum mereka mengerti," ujar Rossane.

Saat ini, Stuart bersama ibunya sedang menjalankan kampanye lewat Facebook untuk mempromosikan dirinya agar lebih mendapatkan banyak pekerjaan di industri fashion dunia. Mereka hingga saat ini telah berhasil memperoleh lebih dari 100.000 follower di Facebook dan Instagramuntukmendukung Stuart.

Lebih lanjut, Rossane bercerita bahwa anaknya sering kali diremehkan oleh orang-orang ketika masih kecil. Bahkan, dokternya berkata bahwa dia harus berkecil hati untuk melihat anaknya melakukan hal-hal seperti orang kebanyakan. Mungkin ini saatnya bagi Stuart dan sang ibu untuk membuktikan kepada orang-orang yang meremehkan mereka bahwa penyandang keterbelakangan mental juga memiliki kesempatan untuk mewujudkan cita-cita seperti orang lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com