Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2015, 10:14 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

 

KOMPAS.com – Angkutan umum belum menjadi moda favorit kaum urban di Indonesia. Meski banyak angkutan umum tersedia di badan jalan ibukota, masih banyak masyarakat yang lebih memilih memakai transportasi pribadi.

Keadaan itu berbanding terbalik dengan negara-negara maju. Kaum urban dengan mobilitas tinggi di sana sudah mengandalkan transportasi publik.

Efisiensi waktu biasanya menjadi sandungan masalah nomor satu. Kondisi macet Jakarta membuat mereka berpikir dua kali untuk memilih jasa transportasi umum. Pertimbangan lainnya adalah soal aman, nyaman dan sesuai kebutuhan.

Untuk itu, mencari transportasi umum andalan menjadi hal yang susah-susah gampang di ibukota. Belakangan, pilihan mereka jatuh pada tiga transportasi publik berikut ini:

Kereta Commuter Line

Moda transportasi satu ini menjadi andalan banyak orang. Selain dianggap paling cepat dan terjangkau, kenyamanan dengan fasilitas pendingin ruangan menjadi kelebihannya.

Pengguna berasal dari seluruh lapisan masyarakat dan ragam usia. Pada jam-jam tertentu, penumpang adalah pekerja kantoran. Jadi jangan kaget kalau berencana menggunakan moda transortasi yang satu ini di jam-jam orang berangkat kerja. Anda harus siap berdesak-desakan.

Taksi

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyatakan telah menyediakan kuota sejumlah 24.000 taksi pada 2014. Maka tak heran, taksi menjadi moda yang mudah ditemui saat berada di Jakarta.

Beberapa hal yang menjadi kelebihan transportasi ini adalah fasilitas eksklusif untuk pengguna. Meski termasuk trasportasi umum, pengguna taksi dapat fasilitas selayaknya menggunakan transportasi pribadi.

Pemesanannya pun mudah. Selain dapat diberhentikan di jalan, Anda juga dapat memesan via telpon. Namun, jika tidak ingin mengeluarkan biaya pulsa, beberapa aplikasi pemesanan taksi juga sudah tersedia di smartphone

www.shutterstock.com Belum memadainya sistem transportasi publik di Indonesia, khususnya Jakarta menjadikan banyak orang lebih pilih jasa layanan taks

GrabTaxi adalah salah satunya layanan jasa pesan taksi tersebut. Dengan menggunakan aplikasinya, pengguna tak perlu lelah antre dan khawatir menunggu lama. Aplikasi seperti ini juga dinilai aman karena data pengemudi dan rute perjalanan sudah terekam.

Pengguna taksi biasanya merupakan pekerja kantoran dan mahasiswa perguruan tinggi dengan rute tidak terlalu jauh. Lama perjalanan mulai dari 15 sampai 90 menit. Karena fasilitasnya eksklusif, pengguna juga harus siap dengan biayanya yang lebih mahal dibanding transportasi umum lainnya.

GrabTaxi menggelar kampanye #Nyaman sebagai bentuk sosialisasi jasa transportasi taksi menjadi pilihan pengguna karena kenyamanannya. Dengan menggunakan kode promo "NYAMAN" saat menggunakan GrabTaxi, Anda akan mendapatkan potongan sebesar Rp15.000. Kampanye ini berlaku mulai 7 Mei hingga 31 Mei 2015.

Ojek

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com