Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poster Aturan Busana untuk Mahasiswa "LadyBoy" di Thailand

Kompas.com - 14/06/2015, 19:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com -- Sebuah poster aturan berbusana di lingkungan kampus yang beredar di Thailand berhasil menyedot perhatian banyak orang. Tak hanya penduduk Thailand, warga dunia pun cukup tertarik dengan poster yang dibuat oleh Bangkok University's School of Fine and Applied Arts ini.

Pasalnya, jika poster aturan berbusana konvensional hanya memuat dua aturan, yakni tata cara berbusana bagi mahasiswa pria dan wanita, kali ini ada empat poster tata cara berbusana yang dikeluarkan.

Poster pertama, memuat tata cara berbusana bagi mahasiswa pria. Poster kedua, memperlihatkan aturan busana untuk mahasiswa wanita. Lalu, poster ketiga menampilkan tata cara berbusana untuk ladyboy alias pria transjender. Kemudian, postera terakhir adalah cara berbusana untuk wanita tomboy.

Ya, poster ke tiga dan ke empat tersebut, jelas merilis informasi yang terbilang menarik dan unik ketimbang aturan berpakaian pada universita secara umum.

Pada poster yang bertajuk "Freshy Choice" atau mengandung arti mengenai pilihan berbusana bagi mahasiswa baru. Informasi yang tertulis menunjukan pilihan seragam dengan bawahan celana atau rok panjang bagi para ladyboy dan wanita tomboy.

Poster aturan berbusana yang diunggah ke media sosial Facebook ini berhasil memperoleh 2.805 likes dan telah disebar ulang oleh netizen sebanyak 785 kali. Padahal poster ini baru saja diunggah beberapa hari lalu.

Para alumni serta mahasiswa kampus banyak yang menyatakan komentar positif untuk poster tersebut. Salah satunya komentar alumni yang mengatakan, "Sebagai alumni aku sangat senang dengan kebijakan kampus ini,". Ada pula yang menuliskan, "Kita mulai lebih terbuka mengenai ide yang lebih besar, ekspresi, dan terus belajar dengan generasi baru di Universitas,"

Pihak universitas sendiri menjelaskan, "Inilah seragam untuk alternatif jender. Kami School of Fine and Applied Arts memiliki pandangan terbuka mengenai seksualitas, tetapi marilah berseragam sepantasnya mengikuti aturan,".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com