Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2015, 04:07 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Gaya berbusana muslim yang semakin tren dengan ragam gaya hijabnya terus digemari oleh berbagai kalangan. Untuk memenuhi kebutuhan itu, para desainer busana muslim pun terus menghadirkan rancangannya.

Kini, bertepatan dengan bulan Ramadhan tren berhijab semakin meluas di kalangan kaum hawa. Bagi Dian Pelangi, perancang busana muslim yang juga pemilik Dian Pelangi Company, ada beberapa hal perlu diperhatikan saat berpenampilan dengan busana muslim.
 
Bagi Dian, hal tersebut mempengaruhi kenyamanan ketika beraktivitas selama menjalankan puasa. Menurut dia, ada 7 hal yang harus dipertimbangkan untuk meraih kenyamanan tersebut. Simak berikut ini:

Bahan yang menyerap keringat
 
"Pertama, jangan mengenakan busana berbahan tebal, karena menjadi cepat berkeringan dan tidak nyaman," ujar Dian kepada KOMPAS.com Kamis (25/6/2015).

Pemilihan busana dengan bahan mudah menyerap keringat akan memiliki dampak lebih baik dari pada mengenakan bahan yang tebal. Selain berdampak negatif bagi tubuh, mengenakan busana berbahan tebal bisa menyebabkan pusing sehingga membuat kondisi tubuh menjadi menurun. 
 
Pilih busana dengan siluet lebar

Memilih busana dengan siluet lebar maka akan mempermudah saat beraktivitas dan beribadah. Hindari busana yang ketat karena akan mempersulit gerak tubuh, selain juga tidak dianjurkan.

Busana ketat banyak dijumpai pada mahasiswi dan pekerja kantor yang mengenakan hijab, alih-alih ingin terlihat modis. Keadaan itu mengakibatkan mereka tidak leluasa saat beraktivitas.

"Dengan memilih busana yang memiliki siluet lebar, kita bisa bergerak bebas di saat beraktivitas atau ketika melakukan ibadah di bulan puasa ini," ujar desainer yang biasa memiliki ciri penuh warna pada tiap rancangannya.
 

Shutterstock Model hijab yang sederhana dan simple membuat nyaman digunakan saat suasana panas sekalipun
Kenakan hijab yang simpel

Hijab sudah menjadi pilihan utama saat Anda mengenakan busana muslim. Namun, dalam memilih hijab perlu diperhatikan juga modelnya.

Dian menyarankan untuk mengenakan model yang lebih simpel dan sederhana. Penggunaan hijab model bergo yang cukup mudah, misalnya. Cara mengenakannya hanya tinggal dimasukkan ke kepala tanpa harus mengenakan jarum pentul dan lain-lain.
 
"Sebaiknya kenakan hijab dengan sedikit jarum pentul sehingga tidak memakan waktu dan mempermudah saat melepasnya. Biasanya saat ingin menunaikan ibadah, wudhu misalnya, kita harus melepaskan hijab," kata pemilik nama asli Dian Wahyu Utami ini.
 
Kenakan aksesoris dengan wajar
 
Menurut Dian, penggunaan aksesoris sebaiknya disesuaikan dengan warna busana yang dikenakan. Jika Anda menyukai kalung, pilihannya adalah kalung berukuran panjang atau pendek.

"Kalung yang digunakan harus disesuaikan dengan busana muslimnya. Padukanlah dengan gaya hijab polos tanpa motif sehingga pusat perhatian ada pada kalung," ujar Dian.

Selain itu, jika Anda tidak suka mengenakan kalung, bros dan peniti bisa dijadikan alternatif aksesoris. Jangan menganggap bahwa desain bros dan peniti terlalu "jadul" dan ketinggalan zaman. Perkembangan tren berhijab telah memberikan inovasi terhadap desain bros dan peniti menjadi lebih beragam.
 
Bros berbahan metal sangat cocok untuk menghadiri acara formal, sedangkan penggunaan bros dengan ragam warna bisa Anda pilih saat mengenakan busana muslim yang full colour.
 

Shutterstock Jenis sepatu flat cocok untuk beraktivitas dan nyaman digunakan
Kenakan sepatu flat
 
Sepatu memiliki peran penting dalam membuat fashion tambah matching. Pemilihan bahan yang fleksibel saat dikenakan menjadi sangat dianjurkan karena akan memudahkan Anda melakukan aktivitas.
 
Selain itu, penggunaan jenis sepatu flat saat melakukan mobilitas cukup nyaman dan santai. Hanya perlu memilih warna yang cocok dengan busana atasannya agar sesuai dengan fashion yang diinginkan.
 
Penggunaan make up natural
 
Penggunaan make up juga perlu diperhatikan agar penampilan Anda tidak mencolok atau malah sebaliknya. Dengan menggunakan tata rias secara tepat akan membantu dan memberikan kesan fresh saat beraktivitas meskipun sedang berpuasa.
 
Simpelnya, Anda dapat menggunakan eyeliner untuk mendapatkan mata yang terkesan lebih hidup. Selanjutnya, Anda bisa memilih bedak apa yang akan digunakan. Penggunaan bedak dan foundation juga harus sesuai agar tidak terlalu tebal.

Dok.OPPO Memilih smartphone yang multifungsi bisa sangat bermanfaat
Pilih gadget multifungsi

Selain memiliki teknologi canggih, smartphone saat ini juga berdesain cantik. Banyak para produsen smartphone menyajikan tampilan berkelas sehingga cocok jika dipadankan oleh tren busana muslim masa kini.

Dian mengatakan, menggunakan smartphone juga akan memudahkan siapa saja untuk terkoneksi dengan setiap orang. Ponsel cerdas bisa digunakan mencari inspirasi dengan melakukan browsing hingga chating di sosial media.

Oppo R7 merupakan salah satu ponsel cerdas yang mampu menunjang tren fashion dan aktivitas di dunia virtual. Kemampuannya menjelajah dunia virtual juga didukung dengan teknologi cepat 4G sehingga cukup membantu untuk eksis di Instagram ketika upload foto atau video.

Lapisan metal pada bodinya juga turut menambah kesan premium saat berada dalam genggaman si pengguna. Kehadirannya bukan saja bikin nyaman, tapi juga menambah cantik penampilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com